← back to home

7 Aplikasi yang bisa digunakan untuk investasi saham, etf, reksa dana, obligasi atau produk investasi efek lainnya



Photo by Sigmund via Unsplash

Sebagai investor swakriya, dengan menggunakan aplikasi invetasi dan TekFin bisa sangat membantu dalam melakukan aktivitas investasi, di sini saya coba menuliskan beberapa aplikasi yang kebetulan saya pakai untuk melakukan aktivitas tersebut.

Ini merupakan hasil pemilihan aplikasi dengan kriteria yang saya buat sendiri di postingan sebelumnya.

Bareksa

Bareksa merupakan aplikasi investasi TekFin reksa dana yang pertama kali saya gunakan, pada zaman sebelumnya saya pernah menggunakan aplikasi Commonwealth untuk jual beli reksa dana, tapi tidak bisa saya anggap sebagai murni aplikasi investasi karena terlalu terikat dengan bank dan produknya terbatas, yang akhirnya saya cairkan dan pindahkan.

Bareksa memiliki koleksi produk reksa dana yang banyak di dalam marketplacenya, tapi hal ini memiliki downside-nya, karena memiliki banyak pilihan, kita bisa mengalami kelelahan pengambilan keputusan (decision fatigue), dan analysis paralysis.

Informasi yang ditampilkan di Bareksa masih terbatas kinerja dari satu produk reksa dana, dan juga informasi produknya itu sendiri, dalam opini saya, masih kurang lengkap seperti informasi expense ratio dari suatu produk.

Bareksa memiliki data informasi produk reksa dana yang lumayan lengkap, seperti Pasar Dana dan tempat data lainnya.

Tanamduit

Aplikasi Tanam Duit terhitung sederhana, to the point, saya memiliki beberapa produk reksa dana yang sengaja saya pisahkan dari akun broker lain, dan menyimpannya di sini.

Tapi sederhananya ini justru membuat saya malah jadi mencari informasi mengenai produk reksa dana di tempat lain, dan seperti halnya bareksa, hanya menampilkan kinerja dari produk tersebut, tanpa ada informasi tambahan yang bisa digunakan oleh investor yang bisa membantu dalam mengambil keputusan selain berdasarkan kinerja.

Tanam Duit juga aktif dalam menuliskan artikel dan juga review pasar yang bisa berguna untuk para investor.

Untuk yang membutuhkan referral Tanam Duit bisa menggunakan kode DEDEN000CBK.

Bibit

Bibit saat ini saya gunakan untuk pooling investasi dalam bentuk reksa dana, karena alasan kemudahan dan juga lebih enak navigasi aplikasi, pemilihan produk reksa dana juga dimudahkan, yang mana pihak Bibit sudah melakukan skrining terhadap produknya.

Menampilkan informasi expense ratio, drawdawn, dan informasi berguna lainnya buat investor, sedangkan aplikasi lain tidak meyediakan informasi ini di aplikasinya.

Pilihan produknya juga lumayan banyak, meski tidak sebanyak Bareksa, tapi buat saya cukup.

Enaknya aplikasi ini sudah mendukung otomasi investasi, dan terkoneksi dengan Gopay dan juga bank Jago, kudos untuk inovasinya!

Bibit juga sering memberikan informasi melalui blognya atau juga email newsletter yang dikirim setiap hari.

Ipot

Aplikasi keluaran Indoperemier sekuritas, merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh investor ritel, karena aplikasi ini hitungnnya sudah lama ada.

Menggunakan aplikasi ini kalau saya pribadi agak kesulitan, karena jarang sekali menggunakan aplikasi ini dan juga agak lebih rumit.

Di Ipot, investor bisa membeli produk saham, reksa dana, ETF dan efek lainnya, saya sendiri investasi dalam bentuk ETF di Ipot karena jika dibandingkan dengan sekuritas lain, Ipot menyajikan ETF lebih lengkap, misalkan ETF dengan simbol XIHD, tidak akan ditemukan di Trima, atau Ajaib, mungkin karena XIHD keluaran dari Ipot, tapi ada beberapa kasus lain juga yang mengalami hal serupa, misalkan ETF dari Pinnacle, ada di satu (atau lebih) aplikasi, tapi tidak ada di aplikasi lain.

Dan sejauh ini, Indopremier yang paling serius mengembangkan produk ETF dan menjual produk ETF dari manajer investasi lain di platformnya.

Ajaib

Ajaib yang merupakan aplikasi untuk jual beli saham dan juga reksa dana, didalam aplikasi ini ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk kebutuhan pencarian data, mungkin juga signal jual atau beli saham, dan juga di aplikasi Ajaib, ada berita yang berkaitan dengan saham yang sedang kita buka informasinya, Ajaib juga menyediakan artikel dan topik lain yang berkaitan dengan investasi.

Di Ajaib menyediakan saham, reksa dana, dan ETF, .

Baca: Review update: Investasi reksa dana DAN saham dengan Ajaib

Ajaib sampai saat ini masih belum menyediakan informasi pasar secara realtime, ada jeda sekitar 15 menit dari situasi pasar saat ini dan harga yang terpampang di aplikasi.

Biasanya kalo membuka Ajaib, saya jadi buka 2 aplikasi jika hendak menggunakan Ajaib, buka Aplikasi RTI dan Ajaib secara bersamaan, dari sini kita bisa nyontek harga realtime saat itu di RTI dan melakukan eksekusi pembelian atau penjualan di dalam aplikasi Ajaib.

Baca: Investasi Reksa Dana dengan aplikasi Ajaib

kalau ada yang hendak membuka akun Ajaib, bisa menggunakan referral saya, kita bisa sama-sama mendapatkan saham gratis dari Ajaib, dengan kode referral dede087.

Trima dari Trimegah

Layanan jual beli saham dalam bentuk aplikasi dari Trimegah sekuritas, merupakan salah satu aplikasi jual beli saham yang saya gunakan, mungkin karena aplikasi ini yang pertama saya gunakan ketika pertama kali membeli saham, jadinya aplikasi ini lebih mudah saya gunakan karena sangat familiar.

5 Juli 2021, sampai jam 21.00, aplikasi Trima masih tidak bisa dibuka, baru keesokan harinya bisa dibuka.

NH Korindo & Samuel Sekuritas

Dua aplikasi sekuritas, NH Korindo dan Samuel Sekuritas, merupakan aplikasi sekuritas yang menurut saya stabil, meski dari sisi desain terasa old-school banget, dengan tampilan yang besar-besar, tetapi sudah mengadopsi fitur-fitur yang kekinian, seperti misalkan biometrik.

Dan juga di websitenya memiliki halaman riset terhadap emiten-emiten yang ada di pasar bursa, terlebih Samuel Sekuritas, sangat detil dalam menuliskan risetnya, untuk NH Korindo bisa dilihat di halaman ini, sedangkan Samuel Sekuritas bisa dilihat di sini, mereka juga menyediakan newsletter yang membantu investor dalam mendapatkan informasi.

Sering mendapatkan ide dari dua perusahaan ini ketika mencari informasi.




Related Posts