← back to home

Keuntungan menggunakan bank digital



Photo by Gilles Lambert

Mungkin ada yang sudah membuka akun di bank digital seperti Jenius, Digibank, TMRW by UOB? atau bank digital lainnya? (sejauh ini hanya 3 itu yang saya memiliki akunnya), ketiga akun bank tersebut saya gunakan untuk tujuan yang berbeda.

Poin-poin yang saya sampaikan di sini berdasarkan pengalaman pribadi dalam menggunakan aplikasi dan fitur lainnya yang saya gunakan sehari-hari, dan juga pengalaman menggunakannya di dalam negeri maupun di luar negeri.

Karena saya sendiri tidak menggunakan kartu kredit, lebih mengandalkan kartu debit, supaya keuangan lebih terkontrol dan lebih sadar atas pengeluaran-pengeluaran.

Ini adalah beberapa hal yang saya pikir sebagai kelebihan-kelebihan yang saya rasakan ketika menggunakan bank digital, baik aplikasinya, kartu dan atau fitur lainnya untuk keseharian.

Mudah dalam melakuan transaksi

Menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi 3 bank yang saya gunakan, yang saya rasakan mudah dalam melakukan transaksi, baik transfer, atau melakukan online payment ketika membeli sesuatu di online shop.

Kemudahan lainnya seperti kartu debit, terutama Jenius memiliki PayWave, ketika di subway New York, bisa digunakan sebagai pengganti Metro Card, dan juga karena kartu-kartu debit tersebut menggunakan Visa, transaksi di toko-toko amerika juga mudah.

Kemudahan dalam melakukan budgeting

Jika sudah memiliki sistem budgeting, menggunakan bank digital menjadi lebih mudah dalam melakukan tracking pada pengeluaran-pengeluaran yang kita keluarkan, karena daftar transaksi bisa lebih mudah diakses, dan dapat melakukan penyesuaian jika dibutuhkan.

Transaksi-transaksi yang dilakukan bisa langsung dilihat laporannya, bahkan diberikan push notifikasi ke aplikasi banking yang diinstal di ponsel.

Online (daring)!

Ya, ini mungkin fitur yang umum, tapi bayangkan dengan bisa mengakses bank kita secara online, maka dimanapun, kapanpun kita bisa mengakses bank lebih mudah, tidak perlu melakukan kunjungan ke bank.

Jika ada hal yang mencurigakan juga lebih mudah untuk mengetahuinya, karena biasanya bank digital tersebut memberikan informasi transaksi-transaksi yang terjadi, sebagai notifikasi di handphone, hal ini untuk keamanan bagi nasabahnya.

Otomatisasi

Di aplikasi bank digital, biasanya menyediakan fitur untuk bisa melakukan transfer atau membayar tagihan secara otomatis, dan bisa juga berulang, hal ini seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, melakukan semuanya secara otomatis, hal ini bisa memudahkan pikiran kita dan juga memiliki waktu yang bisa kita gunakan untuk hal lain.

Biaya ringan/gratis

Bank digital memiliki biaya yang ringan, bahkan gratis, dan dari tiga bank yang saya gunakan semuanya tidak memungut biaya, termasuk biaya transfer ke bank lain (meski Jenius memiliki limit transfer dimulai dari 25, tergantung dari saldo, makin besar saldo makin banyak free transfer).

Hal ini tentu lumayan mengurangi biaya yang ”tak perlu”, karena biaya transfer bisa mencapai 6500 sekali transfer.


#ngaturduit #personal finance #tabungan #literasi finansial #keuangan #bank digital

Related Posts