Apa itu obligasi?

Apa itu obligasi?

Photo by William Daigneault via Unsplash

Obligasi atau surat hutang, atau dalam bahasas inggris Bond, pengertian bebas obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau negara, surat hutang ini memiliki janji yang akan membayarkan kupon atau bunga, sesuai dengan janji atau ketentuan yang dikeluarkan oleh penerbit obligasi tersebut, kita sebagai perseorangan (atau institusi) pada dasarnya memberikan pinjaman terhadap perusahaan, atau negara tersebut.

Obligasi bisa dikategorikan sebagai salah satu instrumen investasi selain saham atau reksa dana

read more →

Memulai investasi saham?

Memulai investasi saham?

Photo by Chris Liverani via Unsplash

Sebelum ke detil bagaimana investasi di saham, ada baiknya melihat dulu apa itu saham, bagaimana bisa ada di ”pasar”, bagaimana bisa terjadi jual beli saham tersebut.

Saham sebagai salah satu bentuk investasi, dan biasanya jangka panjang, menjanjikan return yang relatif lebih besar dari jenis investasi lain, seiring dengan waktu dan jangka pajang, saham bisa lebih menjanjikan.

read more →

Tujuan Finansial

Tujuan Finansial

Photo by timJ via Unsplash

Di blog ini sering menulis kalimat ”Tujuan Finansial”, sebenarnya apa yang disebut tujuan finansial? memangnya tujuan-tujuan apa yang bisa dicapai? dan bagaimana menerapkannya pada diri kita?

Membuat tujuan finansial memang agak sulit, hal ini karena bisa berbeda setiap orang, berbeda juga setiap umur, bisa berbeda kapan memulai, karena setiap orang unik, memiliki situasi keuangan yang berbeda, sosial ekonomi berbeda, hubungan dengan uang yang bisa juga berbeda, bergantung pada lingkungan, dan tempat dibesarkan, tapi ada beberapa dasar yang bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat tujuan finansial.

read more →

Cek up finansial sebelum membuat blueprint tujuan finansial

Cek up finansial sebelum membuat blueprint tujuan finansial

Photo by Alev Takil via Unsplash

Membuat tujuan-tujuan finansial memang susah-susah gampang, saya sendiri masih mencoba-coba apa yang bisa berjalan atau apa yang cocok buat saya, tetapi memang ada benang merah yang bisa dikerjakan secara paralel sembari membuat tujuan, ada baiknya juga melihat keadaan kita yang sekarang dulu, semacam financial checkup.

Jadi sebelum mendefinisikan, membuat gol (misalkan tabungan pendidikan anak, rumah), tidak ada salahnya kita melakukan financial self-checkup pada keadaan kita sekarang dulu, sebelum membuat rencana finansial (financial blueprint), hal-hal yang bisa diperhatikan sebelum memulai (setidaknya ini yang saya lakukan), hal ini juga agar lebih mudah memahami kinerja finansial kita sendiri.

read more →