Belanja impulsif? coba konsep 1/3/7

Belanja impulsif? coba konsep 1/3/7

Pasti kita pernah mengalami kalo liat barang lucu (baju, sepatu, handphone, dll), dan akhirnya pengen beli, ini bisa dinamakan impulsive buying, yang tentunya kalo sampai keluar uang, hal ini masuk ke kategori pengeluaran, kalo liat lagi budget, apa kita punya budget untuk ini? atau coba-coba utak-utik ambil dari alokasi kategori budget lain?

read more →

Memahami kinerja finansial pribadi

Untuk mencapai tujuan finansial (pensiun dini atau punya pilihan untuk bekerja atau tidak, dll), diperlukan semacam perhitungan atau pencatatatan kekayaan (wealth), yang bisa berisi aset, liabilitas yang dimiliki, dengan melakukan hal itu kita lebih bisa melihat aset yang dimiliki, arus kas (cashflow) yang ada, liabilitas yang sekarang membebani keuangan, sampai ekuitas yang dimiliki dari aset tersebut, dari pencatatatan kekayaan yang dimiliki ini, kita mendapatkan gambaran kinerja keuangan kita saat ini.

Seburuk atau sebaik apapun itu, hal ini perlu dilakukan, kita bisa menggunakan ini sebagai titik awal untuk merencanakan kehidupan finansial dan strategi-strategi apa yang bisa kita lakukan dengan aset kita, liabilitas yang kita punya dan kemudian mencari cara jika kita memiliki hutang untuk mengurangi, menghilangkan atau bahkan menjadi surplus antara pendapatan dan arus kas.

read more →

Mengapa memperhatikan biaya admin (fee) itu penting?

Untuk transaksi keuangan, biasanya ada biaya admin atau fee, bisa dalam bentuk persentase atau dalam bentuk harga tetap, misalkan biaya transfer antar bank saat ini 6500 (untuk SKN turun jadi 3500 dari 5000), hal ini bisa dibilang wajar kalau frekuensi transfer tidak banyak, kalau banyak rugi juga ujung-ujungnya.

read more →

Inflasi gaya hidup

Inflasi gaya hidup

Photo by Priscilla Du Preez via Unsplash

Untuk yang bekerja, atau memiliki usaha, ketika ada kenaikan gaji atau untung lebih, pernah ada keinginan untuk membeli atau menggunakan sesuatu yang lebih dari biasanya? lebih dari yang kita punya sebelumya? baik dari sisi harga atau mungkin sisi merek.

read more →