Hello 2022

Hello 2022

Selamat tahun baru! semoga tahun 2022 ini bisa lebih baik dalam banyak hal, terutama dalam mengatur keuangan kita, dari menabung, membelanjakan uang kita, berinvestasi, berbagi, dan semoga semua hal bisa lebih baik.

Punya barang yang mengharuskan kita menjadi memiliki pengeluaran tambahan rutin

Punya barang yang mengharuskan kita menjadi memiliki pengeluaran tambahan rutin

Pernah ngalamin beli barang yang pada saat itu kita suka, setelah beberapa waktu ternyata barang tersebut membutuhkan barang lain yang harus kita beli? saya pernah, tapi untuk kasus saya, kebetulan diberi oleh saudara, berupa Nespresso, karena saya suka kopi, tentunya ini hadiah yang gak ketulungan senangnya.

SFBits: "7 Deadly sins of investing"

Dari “dosa-dosa” ini, sepertinya saya kena semua lol, tapi itu bagian dari pembelajaran sebagai investor, dan sepertinya tidak ada yang tidak pernah kena “dosa” ini, karena ini sangat manusiawi, sangat mendefinisikan kita sebagai manusia.

Dan kekurangan itu yang menjadikan manusia dinamis, karena pasar sendiri dinamis dan terdapat jutaan investor lain yang mendapatkan dan memiliki informasi berbeda atau terkadang sama, latar belakang berbeda, memiliki perbedaan dalam memproses suatu hal, dan berujung dengan perbedaan dalam pengembilan keputusan, hal itu yang menjadikan dinamika pasar, sehingga pasar tidak diam, dan seperti memiliki pikiran sendiri.

Baca: 7 Kesalahan finansial yang sering terjadi

“Dosa-dosa” ini bisa menjadi bahan pelajaran kita untuk bisa terus memperbaiki diri dan juga bisa lebih tenang.

Year In Review

Year In Review

Sebentar lagi tahun baru, dan sepertinya banyak orang yang menjadikan momen itu untuk memulai sesuatu yang baru, biasa disebut resolusi, target, atau apapun tujuan yang mau dicapai di tahun mendatang.