← back to home

STAR — Review Aplikasi broker saham dari Samuel Sekuritas



Vlad Kutepov on Unsplash

Masih ingat dengan kejadian ketika broker yang saya gunakan tidak bisa diakses seharian, dan keesokan harinya batuk-batuk ketika diakses, menjadikan pengalaman ketika melakuan transaksi, atau cuma untuk melihat perkembangan portofolio, naik? turun? tidak bisa dibuka, hal ini seharusnya tidak terjadi, meski terjadi, tidak berharap akan berlangsung 2 hari.

Baca: Cara memilih broker

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan ini, seperti tidak bisa mengakses aplikasi broker, saya membuka dan menggunakan layanan dari broker lain selain yang saya gunakan sebelumnya, layanan dari Samuel Sekuritas dengan aplikasi bernama STAR (Samuel Trading Active Realtime), dan postingan ini mengenai pengalaman dan review — ulasan saya menggunakan aplikasi STAR selama beberapa bulan, dan layanan yang diberikan oleh Samuel Sekuritas.

Baca: Memiliki akun broker lebih dari satu?

Aplikasi

Aplikasi STAR bisa didapat di Playstore dan iOS, dan katanya ada aplikasi desktop untuk pengguna Windows, karena saya pakai Android dan iOS, jadi dengan adanya aplikasi ini di 2 store tersebut memudahkan saya dalam mengakses layanan Samuel Sekuritas, untuk aplikasi desktop saya tidak bisa menggunakannya karena menggunakan macOS.

Baca: Memulai investasi saham?

Desain

Untuk desain, STAR ini bisa dibilang masih konservatif, dengan tampilan huruf besar-besar, dan juga layar warna-warni, agak jauh berbeda dengan desain aplikasi Ajaib, atau bahkan Stockbit, jadi masih ada kesan jadul untuk yang melihat impresi pertama terhadap aplikasi ini.

Meski terkesan jadul, sepengalaman saya, dari sisi user experience, sangat mudah untuk dioperasikan, dan bisa langsung familiar dengan apa yang didesain oleh Samuel Sekuritas.

Saya menggunakan aplikasi Android dan iOS-nya, secara umum tidak ada perbedaan UX yang signifikan diantara keduanya, hanya mungkin perbedaan animasi dan behavior dari aplikasi masing-masing, dan aplikasi STAR sudah mendukung biometric, jadi saya bisa menggunakan Face ID di iPhone, dan menggunakan Finger Print di Android.

Registrasi

Untuk mendaftar menjadi pengguna STAR cukup mudah, dan proses approval juga terhitung cepat, dari mulai mendaftar sebagai user, sampai dibukakan rekening RDN, sedikit saran, lebih baik punya rekening BCA, karena menjadi sangat mudah untuk proses RDN dengan RDN dari BCA dan lebih cepat aktivasinya.

Yang dibutuhkan untuk registrasi ini hampir mirip-mirip dengan broker lain, dibutuhkan informasi KTP, NPWP dan beberapa informasi personal lainnya, dan juga semacam surat pernyataan yang kita tanda tangani untuk keperluan pembukaan RDN, sesudah itu tinggal tunggu aktivasi dari Samuel Sekuritas, jika sudah diapprove, kita akan dapat SRE (subrekening efek), dan juga RDN (rekening dana nasabah), untuk yang baru pertama buka akun sekuritas akan dibuatkan SID (single investor id).

Fitur

Fitur yang ditawarkan oleh STAR bisa saya bilang sangat lengkap jika dibanding dengan aplikasi dan layanan dari sekuritas lain yang saya gunakan, meski ada biaya bulanan, untuk biaya data IDX Market Info, dan juga ada service-service lain yang menurut saya sangat bermanfaat, seperti analisa pasar, rekomendasi saham, dan informasi lainnya, setidaknya untuk saya sendiri.

Informasi emiten

Fitur yang ada diaplikasi seperti trading (jual, beli), informasi portofolio, balance, informasi pasar, informasi emiten, watchlist, sepertinya itu sudah menjadi informasi umum yang wajib ada untuk setiap aplikasi sekuritas.

Dan di aplikasi STAR bisa melakukan komparasi antara emiten-emiten, dan juga berita yang terkait dengan emiten yang dimaksud.

Rekomendasi saham

Setiap hari tim Samuel memberikan rekomendasi saham yang mungkin berpotensi akan naik atau akan turun, yang bisa menjadi signal untuk trader melakukan aktivitasnya, atau investor yang memang mau melakukan sesuatu terhadap portofolio-nya.

Baca: Investasi di saham? signal dan referensi untuk investor

star samuel star

Fitur lain

Fitur dan layanan lain yang berguna untuk yang trading, seperti automatic order, yang bisa beli, jual, sesuai dengan kriteria kondisi yang sudah ditentukan sebelumnya, yang bisa juga membuat otomasi untuk proses pembelian atau penjualan saham yang dimiliki, dan bisa diset juga dengan status GTC (Good Till Canceled).

Baca: 7 Aplikasi yang bisa digunakan untuk investasi saham, etf, reksa dana, obligasi atau produk investasi efek lainnya

Fitur Statement Report juga sangat bagus, bahkan ada laporan Realized Report, artinya laporan untuk saham yang untung/rugi-nya sudah direalisasikan, sudah menjual sahamnya.

Masih banyak fitur lain yang dimiliki oleh STAR seperti watchlist (umum untuk aplikasi broker), informasi index, broker summary, snapshot market, dan lainnya.

STAR Samuel Trading Active Realtime

Komplen saya mungkin hanya biaya bulanan saja, agak lebih mahal, selain itu, fiturnya bagus, penggunaannya juga stabil, jarang menemui issue ketika menggunakan aplikasi ini, bahkan terkadang mencarikan best offer price yang bagus untuk saham yang memang mau saya bid, jadi bisa dibilang penggunaan STAR ini direkomendasikan, setidaknya untuk saya semua berjalan lancar.




Related Posts