Money hack: Menggunakan Digital Wallet untuk penghematan
seputarfinansial
by seputarfinansial
1 min read

Categories

Tags

  • finhack
  • hemat
  • dana
  • cashbac
  • cashback

Saat ini banyak sekali perusahaan rintisan (startup) yang memberikan layanan dompet digital, yang mana meski masing-masing layanan ini memiliki izin OJK tetapi mereka bukan berlaku sebagai institusi bank, tetapi memiliki bank yang menjadi pendukungnya, ambil contoh OVO yang memiliki bank Nobu sebagai backup.

Dompet digital yang saya coba bahas adalah Gopay, Dana, dan Cashbac dan sebagai sumber dana, saya menggunakan Jenius.

Untuk Gopay sepertinya saya masih agak gimana gitu pakainya, karena gak bisa menggunakan kartu debit Jenius saya di sini, karena diharuskan untuk melakukan topup saldo Gopay, baru dari sini kita bisa melakukan transaksi. Tapi memang promo yang dilakukan oleh Go-Jek lumayan, terutama untuk jenis F&B, dimana bertebaran cashback bisa sampai 50-60%, tapi seperti biasa lihat selalu tanda bintang (biasanya maksimum 25.000 cashbacknya)

Sedangkan Dana dan Cashbac, dua aplikasi ini mungkin masih dalam tahap ”bakar uang”, yang mana banyak sekali memberikan promo yang menggiurkan dan bisa menjadi ajang penghematan. bagaimana bisa makan di luar jadi penghematan? pertama lihat dulu hasil dari makan di luar ini dari tangkapan layar di bawah.

Dana Cashback

Di atas adalah tangkapan histori aplikasi Dana yang saya pakai, Dana saya gunakan untuk transaksi pembelian di Kyochon sebesar 226.000, makan untuk bertiga. dan mendapatkan cashback lumayan, 70.000, secara implisit saya membayar makanan dengan harga 156.000, good deal, dibagi 3 aja kalo sedang jadi bandar hehe, dan simpan cashbacknya.

Atau jika menggunakan Cashbac, cukup lihat juga di promo-promo yang tertera di aplikasinya, merchant yang saya kunjungi adalah Steak 21, membayar sejumlah 306.500, dengan cashback yang didapat, saya ‘membayar’ 241.168, lumayan?

Dana Cashback

Karena Dana dapat digunakan di merchant selain merchant makanan, bisa juga digunakan untuk membayar listrik, beli pulsa, sampai BPJS, berbeda dengan Cashbac yang kebanyakan untuk lifestyle (deals, cafe, restoran, dll), dan Dana juga bisa di-cashout (ini penting!), bisa ditransfer ke akun bank pilihan.

Pernah kepikiran kalo misalkan driver ojol makanan, kalo menggunakan aplikasi-aplikasi kayak gini untuk membeli makanan pesanan, bisa tambah untung juga 😂 dengan adanya tambahan cashback.