← back to home

Work from home? perhatikan beberapa hal ini



Photo by Tom Thain via Unsplash

Dengan merebaknya wabah corono/covid-19 ini, pemerintah, baik daerah maupun pusat mengimbau agar warga-warga membatasi aktivitas di luar, dan juga mengurangi berkumpul (social distancing), dan untuk yang bekerja dan bisa melakukan pekerjaannya di rumah, atau lebih dikenal work from home, yang mana pekerjaan bisa diselesaikan dengan bantuan internet dan kolaborasi secara online dengan rekan kerja yang lain.

Hal ini membuka era baru untuk cara kita bekerja, banyak yang sebenarnya jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau dikerjakan dari rumah, hanya saja karena mungkin belum terbiasa saja dan kadang masih ada ketidak percayaan apakah karyawan akan benar-benar kerja, tinggal bagaimana mengatur itu semua.

Kembali ke soal bekerja dari rumah, tentunya dengan perubahan cara kerja ini ada perubahan lain juga di dalam rumah kita, antara lain,

Listrik

Ini adalah faktor terbesar, dengan adanya yang bekerja di rumah, menambah orang yang rumah disaat siang hari, yang sebelumnya tidak ada penggunaan listrik siang hari menjadi ada, dan terkadang AC hidup sepanjang hari (yup, saya sendiri mengalami), kemudian lampu yang dihidupkan kalau gelap pada siang hari.

Dengan penggunaan listrik yang lebih dari biasanya, tentu akan berdampak pada biaya listrik yang kita harus bayar, sebisa mungkin menghemat apa yang bisa dihemat, seperti lebih baik banyak berkumpul di satu ruangan dibanding berbeda ruangan yang mungkin memiliki AC terpisah.

Hal ini saya rasakan sendiri, dari indikator token kwh listrik yang sebelumnya 6000an, dalam seminggu bisa sampai 3800an, dalam seminggu saja.

Kemudian hal umum, mematikan listrik yang tidak digunakan, gunakan kompor daripada microwave untuk menghangatkan makanan atau membuat kopi, dan cara-cara lain.

Makanan

Hal kedua adalah makanan, dengan adanya tambahan orang di rumah, dan juga dengan keadaan sekarang yang apa-apa menjadi mahal, harga sembako lumayan tinggi, tapi kita tetap harus makan, jadi kebutuhan makan ini juga menjadi bengkak biayanya.

Sebisa mungkin memasak makanan sendiri, dengan cara ini bisa menghemat banyak, dan juga lebih sehat dibanding beli di luar yang kita sendiri tidak tahu keadaan orang yang melayani pesanan makanan kita, bukan menakuti, tapi ini adalah hal normal yang baru sekarang.

Kesehatan

Sebisa mungkin selalu sehat, dan konsumsi tambahan vitamin untuk membantu kita lebih fit juga diperlukan sekarang ini, karena literally sekarang ini tidak boleh sakit, risikonya terlalu banyak, dari mulai apakah kita sendiri terkena covid-19, jika tidak, kunjungan ke rumah sakit menjadi sangat berbahaya saat ini, seperti halnya mall, bangunan itu harus dihindari demi kesehatan.

Internet dan langganan layanan internet

Mungkin di saat sebelum wabah ini, penggunaan internet di rumah hanya sedikit, jadi tidak diperlukan untuk berlangganan layanan bandwidth yang lebih besar, berbeda dengan sekarang, dengan bekerja di rumah, tentu kebutuhan itu meningkat juga, ada yang perlu upload/download file besar misalkan, yang sebelumnya bisa dilakukan di kantor yang punya bandwidth lebih besar.

Jenis-jenis biaya di atas adalah sebagian hal yang bisa menambah sektor pengeluaran lebih berat saat ini, karena sebelumnya tidak ada, melakukan penyesuaian budget dan bagaimana kita menyiasati ini agar bisa lebih hemat dan bisa melewati masa-masa sult ini, dan tetap bisa berhemat.


Tags: ngaturduit, personal finance, tabungan, literasi finansial, keuangan, lifestyle, krisis, budget

Related Posts