Bank Digital: Jenius

Bank Digital: Jenius

Image by Jenius

Seperti yang ditulis sebelumnya tentang bank digital, artikel kali ini akan mencoba membahas produk bank digital dari masing-masing bank yang saya sempat tulis sebelumnya, ini murni pengalaman saya menggunakan produk bank digital tersebut, ada bank online yang saya belum miliki akunnya.

Bank digital yang akan saya coba bahas adalah

  • Jenius dari bank BTPN
  • Digibank dari bank DBS
  • D-Bank dari bank Danamon

Topik bahasan akan menyentuh poin pembukaan akun, aktivasi akun, fitur yang disediakan oleh aplikasi, suku bunga, fasilitas yang ada.

Pembukaan akun Jenius

Pembukaan akun di Jenius bisa dilakukan melalui aplikasi mobilenya (iOS, Android) atau mendatangi service point Jenius atau mendatangi cabang bank BTPN (BTPN purnabakti, Sinaya), kita akan fokuskan pembukaan akun aplikasi-nya. Pada langkah awal, calon nasabah akan diminta untuk mengisi data diri seperti email, nomor handphone (yang mana ini jadi identitas untuk username dan OTP), kemudian calon nasabah akan diminta photo dari KTP, selfie dengan KTP dan NPWP (jika ada).

Aktivasi akun

Aktivasi akun saat ini di Jenius, seperti yang diatur oleh OJK, aktivasi bisa dilakukan melalui mekanisme video call (mungkin nanti berubah seiring kemajuan teknologi, sedang digarap aturan untuk biometrik).

Fitur

Jenius memiliki fitur yang lumayan lengkap, fitur banking pada umumnya disediakan, seperti transfer, cek saldo, histori transaksi, dan beberapa fitur yang unik yang bisa saya highlight seperti berikut :

Save it

Berisi jenis tabungan lain selain saldo utama, di sini dikenalkan FlexiSaver, DreamSaver dan MaxiSaver.

FlexiSaver, rekening tabungan tambahan yang bisa digunakan untuk penyimpanan uang selain saldo utama.

DreamSaver, rekening yang bisa dibuat dengan tujuan agar bisa mencapai sejumlah uang yang direncanakan, biasanya orang-orang menggunakan ini untuk tabungan pendidikan, liburan, atau membeli barang, nasabah bisa membuka lebih dari satu DreamSaver.

MaxiSaver, ini lebih ke deposito, term deposit, nasabah menyimpan sejumlah uang yang ditentukan jumlahnya, minimum 10jt, disimpan minimum 1 bulan, ada beberapa model deposito yang ditawarkan, ARO (ketika deposito mature, misal 1 bulan, uang dan bunga ditransfer ke saldo utama), AROP (ketika mature, uang prinsipal dimasukan kembali ke deposito, sedang bunga yang didapat dikirim ke saldo utama), AROPI (ini favorit saya, uang dan bunga dimasukan kembali ke deposito, dan terus bergulir, compounding, bung berbunga)

Card Center

Di sini pusat kartu-kartu yang disediakan Jenius, mCard adalah kartu utama, e-Card adalah kartu virtual, biasanya digunakan untuk transaksi online, dan xCard adalah kartu debit yang bisa digunakan selain mCard, maksimum xCard yang bisa didapat adalah 3 kartu fisik.

Loan (FlexiCash)

Ini adalah fitur pinjaman yang disediakan oleh Jenius, jumlah pinjaman yang bisa dipinjam tergantung dari Jenius, biasanya dimulai dari 50juta.

Awards

Jumlah free transfer ke bank lain, yang biasanya bank lain mengenakan biaya, di Jenius gratis biasanya 25 kali perbulan, dan diperbarui tiap bulan

E-Wallet

Kumpulan E-Wallet yang saat ini banyak digunakan, GoPay, OVO, Dana yang bisa dilakukan topup langsung di aplikasi Jenius, transaksi topup ini akan mengurangi jumlah free transfer di fitur Awards.

Tagihan

Jenius menyediakan fitur untuk membayar tagihan telepon, PAM, listrik, kartu kredit dan lainnya.

Split Bill

Fitur ini bisa digunakan untuk membagi tagihan makan bareng teman misalkan, kemudian kita bisa managih sejumlah uang yang kita tagihkan ke orang lain dengan menuliskan CashTag-nya.

Keuntungan

Bunga

Bunga yang ditawarkan oleh Jenius lumayan agak tinggi, dan itu tergantung dari jenis tabungannya, seperti yang ditulis di atas, ada beberapa jenis tabungan di Jenius, dan juga kartu (lihat card center), dari link ini https://www.jenius.com/rates-and-limits/ bisa disederhanakan sebagai berikut, suku bunga bisa bergantung pada suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh BI.

Jenis Suku bunga
Saldo Utama (mCard) 0.5% p.a
Valas 0% p.a
Cards (ecard, xcard) 0% p.a
FlexiSaver 5% p.a
DreamSaver 5% p.a
MaxiSaver  
10jt - 99.999.999 6% p.a
100jt - 499.999.999 6.25% p.a
>= 500jt 6.5% p.a

Transaksi

Transaksi menggunakan Jenius terkadang ada casback, yang pernah penulis dapatkan yaitu cashback belanja online (menggunakan eCard), membeli bensin (cards), lumayan.

Dan juga akses ke layanan transaksi luar, misalkan paypal, netflix, spotify dan lainnya, jadi cukup mudah untuk melakukan transaksi di luar Indonesia, kartu bisa juga digunakan di MRT singapura, atau Subway di New York (tergantung stasiun)

Tulisan ini bisa terus bertambah, dan lain artikel akan membahas bank digital lain seperti yang ditulis di atas