← back to home

Mengenal fitur TMRW by UOB lebih dalam

Mengenal fitur TMRW by UOB lebih dalam

Photo by TMRW by UOB

Mengenal lebih dalam fitur-fitur yang ada di bank digital TMRW keluaran UOB, sejauh ini saya puas menggunakan aplikasi TMRW.

City of Tomorrow

Salah satu fitur dari TMRWbyUOB adalah City of Tomorrow, yaitu satu rekening tabungan dengan bunga yang relatif tinggi, saat ini ada diangka 4% p.a, meski ini terlihat seperti fitur yang biasa saja, tapi bagaimana UOB mendesign fitur ini yang saya sukai.

City of Tomorrow didesain seperti game, yang memiliki fitur gamification didalamnya, bentuk dari gamification ini dengan mengibaratkan atau memvisualisasikan tabungan kita seperti sebuah pulau, yang mana pulau itu akan menjadi besar jika kita terus menabung, eits, seperti game lain pada umumnya, ada aturan didalamnya, yaitu, jika kita sudah topup, kita tidak bisa menambahkan dana ke dalam rekening City of Tomorrow (CoT) dalam 3 jam kedepan, sejauh ini saya test, jumlah topup tidak mempengaruhi durasi lamanya kita bisa menambahkan dana, jadi jika menambah 100rb dengan 1juta, tetap 3 jam jarak sampai bisa menabung lagi.

Gamification mungkin fitur yang sedikit berguna, tapi untuk saya, fitur yang menarik (entah ini disengaja atau tidak) adalah pemisahan tabungan utama dan CoT, dan tidak menampilkan informasi CoT di dalam dashboard paling depan, iya, kita tetap bisa melihatnya jika swipe.

Smart Insight

Berisi ringkasan mengenai transaksi-transaksi yang sudah saya lakukan sebelum-sebelumnya, dan menyajikannya dalam bentuk tips, trik dan informasi yang bisa dijadikan sebagai saran agar bisa memaksimalkan tabungan baik untuk menabung atau untuk konsumsi. 

Review cash flow

Ini termasuk fitur favorit, meski tidak selengkap aplikasi money management lain, contohnya MoneyLover, tapi untuk lingkup aplikasi TMRW ini terhitung cukup, informasi yang ditampilkan, berapa jumlah yang masuk dan keluar, dan kemudian memberikan informasi yang dibutuhkan.

Berapa jumlah yang ditabung, berapa jumlah yang dikeluarkan, untuk review ini didesain dengan kode warna, dan juga chart sebagai visual agar lebih mudah membaca cashflow.

Fitur lain

Informasi promo-promo yang diadakan oleh juga berguna hehe, yang bisa dibilang saat ini lumayan menguntungkan, dan juga fitur standar lainnya seperti ringkasan transaksi yang dilakukan, dan tak kalah penting fitur transfer gratis ke bank lain, beberapa bank digital lain ada yang menawarkan fitur serupa, tapi ada juga yang gratis tapi dibatasi jumlahnya.

Untuk aplikasi bank digital di indonesia, mungkin belum sama seperti yang dilakukan Monzo atau N26, tapi ada beberapa bank digital di indonesia yang mencoba melakukan itu.

Related Posts

Memulai investasi dengan uang satu juta
Work from home? perhatikan beberapa hal ini
Melakukan penyesuaian budget saat situasi krisis
Berhutang untuk menunjang gaya hidup
Pandemi Corona (covid-19) dan dampak keuangan, apa yang perlu dilakukan?
Belajar dari kesalahan finansial pada umur 20an
Mengenal Jenius Akun Bisnis
Seputar Finansial, setahun (lebih)
Dana uang dingin (uang hilang/hangus?)
Buku Keuangan Berbasis Perilaku