← back to home

Money hack: Membeli produk reksa dana dan atau emas dengan modal cashback



Photo by Jordan Rowland on Unsplash

Hal ini saya lakukan baru-baru ini, saya melakukan pembelian emas di Bareksa, dengan menggunakan cashback point yang saya kumpulkan di OVO hasil dari belanja, atau membayar tagihan dan lain-lainnya di Tokopedia, sebelumnya saya investasi dengan ‘receh’ GoPay di BIBIT.

Bagaimana caranya?

Baca: Investasi reksa dana dengan ‘uang receh’ di BIBIT

Untuk beberapa tagihan yang selalu ada setiap bulan seperti listrik, internet, pulsa dan lainnya, jika cukup menguntungkan buat saya, saya gunakan Tokopedia, tapi dengan syarat,

  • Biaya admin (pertambahan biaya) tidak lebih besar dari cashback
  • Pertambahan biaya-biaya tagihan setidaknya sama (atau lebih rendah) dari payment app lain (Dana, LinkAja dll), jadi kalau bayar listrik dengan Tokopedia lebih murah atau sama dengan Dana, saya akan pilih bayar dengan Tokopedia (dan sebaliknya)
  • Nilai cashback lumayan

Asumsi syarat di atas terpenuhi, saya akan melakukan transaksi dengan menggunakan E-Card Jenius + Tokopedia, meski kadang beda 1000-2000 masih saya tetap menggunakan Tokopedia, demi cashback™.

Setelah melakukan belanja/pembayaran beberapa kali, maka OVO point akan terkumpul.

Selanjutnya tinggal lakukan pembelian emas atau reksa dana di Bareksa, dan bayar dengan menggunakan OVO Points tersebut.

Bareksa beli

Dan akhirnya melakukan pembayaran

Bareksa bayar

Lumayan, dengan cara ini, setidaknya saya bisa membelanjakan cashback-cashback yang saya dapatkan dari belanja-belanja online tersebut dengan hal yang lebih menguntungkan.

Selain emas, pembayaran dengan OVO points ini juga bisa dibelanjakan untuk membeli produk reksa dana.

Dan tetap ingat, syarat-syarat itu wajib terpenuhi, karena terkadang ada pertambahan biaya lebih besar dari cashbacknya, misalkan saya beli token listrik 1 juta, tapi dengan biaya-biaya tambahan sampai jumlah total yang harus saya bayar 1 juta 18 ribu dengan cashback 10 ribu, sedangkan di Dana saya cukup bayar 1 juta + 1500, sudah pasti saya pilih Dana.


Tags: ngaturduit, personal finance, literasi finansial, investasi, keuangan, menabung, investasi, reksa dana, money hack, finhack, hemat

Related Posts