← back to home

Melakukan penyesuaian budget saat situasi krisis

Melakukan penyesuaian budget saat situasi krisis

Photo by Issy Bailey via Unsplash

Dengan situasi seperti sekarang ini, merebaknya wabah Covid-19 (atau biasa disebut virus corona), tentunya memiliki dampak yang sangat lumayan terhadap kehidupan sehari-hari, dari mulai membatasi keluar rumah jika dirasa tidak perlu saja, sampai ke pengaruh terhadap kehidupan keseharian, hal sederhana seperti memasak, makan dan aktivitas harian lainnya.

Dengan adanya wabah ini, muncul ketakutan, muncul panik, bisa dilihat di supermarket-supermarket, atau pasar tradisional orang banyak melakukan pembelian barang yang manjadikan beberapa barang menjadi langka, bahan makanan menjadi mahal karena supply berkurang sedang demand tinggi karena orang-orang panik dan akhirnya menimbun.

Dengan melihat itu, budget yang kita buat tidak berjalan, banyak alokasi dana yang meleset atau membengkak karena barang yang kita beli harganya melebihi budget yang dialokasikan.

Disaat-saat ini, kita perlu berhenti sejenak, memikirkan ini semua, dan implikasi yang akan timbul karena wabah ini.

Memikirkan skala prioritas, barang apa saja yang sekiranya menjadi kebutuhan sangat penting sekarang, contoh sanitizer, itu menjadi hal yang penting saat wabah ini melanda.

Skala prioritas lain seperti budget yang mengharuskan kita keluar dari rumah lebih baik dipotong, contoh budget untuk nonton, makan di luar, ngopi di luar, hal itu selain bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting, juga lebih aman jika kita di rumah saja, meminimalisir penyebaran wabah.

Dari alokasi-alokasi bukan prioritas tersebut, kita bisa menambahkan budget belanja, budget kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya.

Dan dalam masa-masa ini, tetap usahakan untuk menabung, berapapun jumlahnya, sebisa kita.

Semoga kita bisa melalui krisis ini dengan selamat, dan tetap bisa bahagia, tidak kurang apapun.

Related Posts

Memulai investasi dengan uang satu juta
Mengenal fitur TMRW by UOB lebih dalam
Work from home? perhatikan beberapa hal ini
Berhutang untuk menunjang gaya hidup
Pandemi Corona (covid-19) dan dampak keuangan, apa yang perlu dilakukan?
Belajar dari kesalahan finansial pada umur 20an
Mengenal Jenius Akun Bisnis
Seputar Finansial, setahun (lebih)
Dana uang dingin (uang hilang/hangus?)
Buku Keuangan Berbasis Perilaku