← back to home

Review Bank Shinhan Online (SOL)



Photo by Shinhan Online

Satu lagi aplikasi bank yang baru saja saya coba, kali ini dari Bank Shinhan, diberi nama Shinhan Online (SOL), menurut websitenya, Shinhan Online merupakan bank digital, meski saya ada beberapa pertanyaan untuk klaim tersebut.

Shinhan yang merupakan bank yang berasal dari Korea, Shinhan masuk ke Indonesia dengan cara mengakuisisi Bank Metro Express, yang kemudian berganti nama menjadi Bank Shinhan Indonesia.

Sudah ada beberapa bank yang diakuisisi oleh investor atau perusahaan dari Korea yang menanamkan modalnya di Indonesia, antara lain Bank KB Kookmin Bukopin, Bank KEB Hana yang baru-baru ini meluncurkan Line bank (review line bank di sini), dan beberapa bank lain.

Untuk review dari aplikasi SOL ini sendiri, jujur saya perlu ada penyesuaian tersendiri untuk pengoperasiannya.

Registrasi

Untuk registrasi, sepertinya berlaku umum, seperti biasa, ada informasi pribadi yang harus dimasukkan, saya tidak mencatat detailnya sayangnya, yang pasti usual suspect, KTP, nomor telepon, email, SOL ID dan password, dan juga beberapa info lain seperti pekerjaan, gaji rata-rata dan lainnya.

Pembukaan rekeningnya dalam pengalaman saya, agak lucu sih, kita bisa buka rekening kalo tidak salah dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, ini merupakan salah satu pertanyaan saya mengenai klaim bank digital.

Setelah semunya terisi, dan waktu masih memungkinkan, maka dapat melakukan proses video call dengan agen bank Shinhan.

Dan jika waktu pendaftaran mepet dan tidak selesai, besoknya Bank Shinhan (SOL) akan menghapus pendaftaran kita, dan disarankan untuk memulai lagi dari awal, jadi disarankan untuk selesai dalam dalam hari yang sama.

Desain aplikasi

Desain aplikasi, yang mana SOL ini lagi-lagi menurut websitenya, memiliki 3 konsep, yaitu, Mudah, Cepat dan Imut, mungkin ini cocok untuk beberapa penggunanya, hanya saja, saya masih berusaha memahaminya sampai sekarang.

SOL menampilkan karakter-karakter yang sengaja didesain untuk kebutuhan aplikasi dan juga desain kartu ATMnya, yang mana memiliki logo GPN.

Untuk antar muka, SOL sepertinya mengedepankan kesederhanaan, seperti halnya LINE bank, tetapi dengan nada yang lebih minim, baik warna ataupun desain.

Kibor

Yang menarik adalah kibor yang digunakan untuk login, saya belum tahu tepatnya aplikasi keyboard yang digunakan, cukup menantang karena setiap login bisa berbeda posisi setiap hurufnya.

Perangkat

SOL hanya mendukung satu perangkat satu akun, dan sepertinya ini sudah menjadi praktek umum, Jenius yang awalnya mendukung multi-device, sekarang hanya satu.

Memang ada kerumitan tersendiri jika kita hendak mengimplementasikan multi-device, dari sisi teknikal, dan juga dari sisi keamanan.

Fitur

Tabungan

SOL secara default menyimpan dana kita di jenis tabungan, dengan bunga agak lebih tinggi, yang mana rekening ini yang menjadi semacam rekening default.

Kita bisa membuat sampai 10 rekening di SOL, dan kita juga boleh memilih rekening mana (jika sudah punya lebih dari satu rekening) yang akan dibuat default, rekening ini seperti halnya yang dilakukan oleh Jago dengan Pocketnya.

Deposito

SOL juga menyediakan fitur Term Deposit, deposito berjangka, dengan syarat minimum 1 juta disimpan, selama 1 - 12 bulan, dapat dicairkan kapan saja, dan yang menarik, menurut deskripsi produk deposito, jika dicairkan sebelum waktunya tidak terkena penalti dan memungkinkan tetap mendapatkan bunganya sesuai dengan hitungannya.

Valas

SOL mendukung rekening bermata uang asing, seperti yang pernah saya temui di OCBC NISP atau juga Jenius.

Hal ini lumayan berguna untuk jaga-jaga jika memang diperlukan, hanya saja, seperti layanan yang sama di bank lain, yang disebut di atas, pada kenyataannya, setidaknya untuk saya sendiri, jarang sekali digunakan, bahkan ketika ke ada kesempatan ke luar negeri, tetap mengambil dari debit yang dikonversi langsung.

Mungkin untuk orang lain, fitur ini berguna, terutama yang memiliki bisnis di negara yang menggunakan valas tersebut.

Lainnya

Fitur lain yang ada di SOL ini seperti pembayaran tagihan, topup ewallet, pembelian voucher pulsa, pajak

Bunga

SOL memiliki bunga untuk rekening biasa, sebesar 2,5%, mungkin ini lebih besar hitungannya untuk jenis rekening biasa, dimana yang lain banyak menerapkan hanya 0.5% atau lebih rendah dari itu.

Untuk bunga deposito, lebih besar, yaitu sebesar 4% p.a untuk rekening mata uang rupiah, sedangkan untuk dollar USD sebesar 0,5%.

Apakah cukup? untuk bungan masih ada yang lebih besar tanpa harus menggunakan time deposit, saat ini masih dieksplor fitur-fitur dari SOL ini, oh iya, saya juga sudah memesan kartu debitnya, dari desainnya okelah.




Related Posts