← back to home

Kalau punya uang sejuta, lebih baik kemanain ya?



Photo by Markus Spiske via Unsplash

Postingan ini semacam update dari postingan tahun lalu, jika memiliki uang satu juta, ini uang dingin ya, uang yang kita tidak akan pusingkan dan tidak dibutuhkan dalam waktu dekat.

Tentunya uang 1 juta tersebut bukan untuk konsumtif, tapi untuk diinvestasikan atau untuk hal yang berguna.

Mungkin 1 juta bisa jadi terdengar banyak (ini sangat relatif), banyak hal yang bisa kita lakukan dengan uang 1 juta, untuk keperluan investasi dan membangun kebiasaan yang baik terkait dengan uang dan memperbaiki hubungan yang dibangun dengan uang, jadi tidak melulu dihabiskan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan uang 1 juta

Investasi di BPJSTK BPU JHT

Hal ini pernah saya bahas sebelumnya, dan jika belum membuat akun untuk keperluan pensiun nanti, mendingan bikin akun BPJS dari sekarang, dan dapatkan bisa mendapatkan manfaat dari akun BPJS ini untuk hari tua nanti.

Baca: Salah satu tempat investasi yang jarang dilihat, investasi dengan BPJSTK JHT

Nilai kontribusi untuk BPJS JHT bervariasi, tergantung dari jumlah pendapatan yang dituliskan ketika membuat akun BPJSTK.

Investasi di reksa dana

Sebelumnya dengan membuat akun broker, fintech-fintech yang sekarang banyak, terutama untuk investasi reksa dana, dengan uang 1 juta bisa beli produk reksa dana, bisa dari instrumen saham, obligasi, pasar uang atau campuran.

Aplikasi seperti Bibit, Bareksa, Tanam Duit dan aplikasi-aplikasi lain sejenis bisa digunakan untuk berinvestasi reksa dana.

Sebelum membeli produk reksa dana, baca juga cara memilih produk dan juga memilih broker.

Investasi saham

Kembali ke pembukaan akun sekuritas, dengan uang 1 juta bisa juga digunakan untuk membeli saham, teliti emitennya, berapa saham yang bisa dibeli dari emiten tersebut, pastikan juga tujuan beli saham itu untuk apa, jangka panjang atau jangka pendek.

Karena harga saham bervariasi, jadi tergantung harga, bisa jadi 1 juta beli beli banyak lot atau sedikit.

baca: Apa itu Indeks saham

Saham bisa dibeli di sekuritas, kalau belum punya akun broker silakan bikin dulu ya, baca juga panduan cara memilih broker sekuritas.

Investasi di ETF

Seperti halnya saham, ETF diperjualbelikan pada jam bursa buka, tapi karena memiliki karakteristik seperti reksa dana, maka ada beberapa hal yang sama dengan reksa dana.

Baca: Investasi Dengan ETF

Produk ETF bisa dibeli di aplikasi sekuritas, silakan baca artikel saya mengenai ETF.

Investasi ETF.com

Menabung di tabungan berbunga tinggi

Banyak bank yang menawarkan tabungan dengan bunga yang tinggi, terutama bank digital, yang menawarkan bunga tinggi dan juga (hampir) tanpa biaya bulanan.

Untuk beberapa bank, tergantung jenis tabungannya, ada yang menawarkan bunga dari 3-4%, dan untuk deposito bisa sampai 4.5%.

Dengan ditabung, tentunya kita mendapatkan imbal hasil yang pasti, cuman ya, hanya sedikit, cocok buat nambah dana darurat.

Beramal

Hal lain yang bisa kita lakukan dengan uang 1 juta, dengan beramal, kalau kita liat sekeliling banyak yang tidak seberuntung kita, yang mungkin masih punya gaji yang datang setiap bulannya, banyak yang gaji harian yang sedang kesulitan, apalagi di masa PPKM seperti sekarang.

Banyak platform yang bisa membantu untuk hal ini, seperti kitabisa (bisa juga diakses di aplikasi Gojek) baznas, atau mungkin akun-akun amal yang ada di instagram (contoh Partner in Goodness), dan masih banyak yang lain.




Related Posts