← back to home

Update bank digital (Jago, Jenius, Digibank, TMRW)



Photo by De an Sun via Unsplash

Setelah datang pemain baru di bank digital di Indonesia, saatnya memperbaharui beberapa informasi lama mengenai bank digital yang pernah saya tulis di blog ini, karena saya sendiri menyukai dunia perbankan dan sangat antusias terhadap industri ini, dan tentunya antusias juga memperhatikan apa yang ditawarkan oleh bank-bank digital tersebut, sebagai konsumen, pastinya mencari mana yang bisa memberi benefit lebih terhadap nasabahnya.

Untuk update pada bulan Mei ini, yang akan dibahas antara lain

4 bank digital ini yang sering saya gunakan, baik untuk transaksi atau untuk menabung (dengan bunga yang maksimal tentunya)

Jago

Untuk aplikasi, sejauh ini hanya bank Jago yang memiliki upgrade yang lumayan signifikan, karena mereka baru mendapatkan izin kartu debitnya, maka bank Jago baru saja merilis fitur kartu debit, yang mana kita bisa mendapatkan 1 kartu fisik, dan 3 kartu virtual, kartu virtual ini bisa dikaitkan dengan Pocket yang sifatnya spending saja.

Dengan kartu virtual Visa ini, kita bisa menggunakan bank Jago jika memerlukan pembayaran yang sifatnya online (seperti ecard di Jenius).

Untuk bunga, bank Jago, di Pocket yang tipe Savings, bank Jago menawarkan bunga sebesar 3.5%, cukup lumayan untuk pendatang baru, dan bisa menawarkan bunga sebesar itu.

Bank Jago menawarkan bunga lebih besar dari Pocket Savings, tetapi sifatnya Term Deposit (deposito), kita menyimpan uang beberapa bulan dan sesuai dengan ketentuan dari bank Jago, kemudian nasabah bisa mendapatkan bunga lebih besar dari Pocket Savings biasa.

Jenius

Tidak ada fitur yang signifikan, tapi saya lebih ingin curhat, Jenius untuk android entah kenapa lebih lambat dalam menggunakannya, berbeda dengan versi iOS.

Fitur didalamnya masih saya gunakan, terutama untuk pembayaran hal-hal yang online, seperti langganan Netflix, Spotify dan lainnya.

Untuk bunga, Jenius ini paling kecil, dulunya FlexiSaver bisa mendapatkan 3%, dan sekarang hanya 2.5%, untuk mendapatkan bunga lebih besar, nasabah bisa memilih Maxi Saver, jenis Term Deposit di Jenius.

Digibank

Aplikasi Digibank tidak menambahkan banyak fitur, tetapi banyak improvement di fitur investasi, dan beberapa promo yang lumayan menarik, hanya saja masih terbatas pada Term Deposit, jika kita menyimpan sekian di deposito Digibank, kita akan mendapatkan cashback sebesar sekian, saya sendiri tidak begitu mengikuti dan tidak ikutan, soalnya agak ribet untuk diikuti, dan harus menggunakan dana segar yang ditransfer dari bank lain, tidak dapat menggunakan dana yang sudah ada sebelumnya.

Untuk bunga, Tabungan maxi, Digibank memiliki suku bunga yang sama dengan bank Jago, yakni 3.5%, lumayan besar dibanding Jenius.

Fitur yang saya suka dari Digibank, tentunya free transfer ke bank lain, tanpa kuota, tidak seperti bank Jago atau Jenius yang mematok maksimum 25 kali free transfer, jika ingin tambah, kita harus memiliki sekian rupiah di saldo.

TMRW by UOB

Tabungan TMRW UOB, masih memiliki antarmuka yang sama, tidak banyak berubah, tapi saat ini sedang banyak sekali promo yang dikeluarkan oleh TMRW, promo yang sempat saya dapatkan adalah voucher Shopee, lumayan dapat 2 voucher yang langsung digunakan oleh istri dengan gembira.

Promo lainnya jika kita mengajak orang lain membuka akun TMRW, maka akan ada cashback untuk yang mengajak dan yang diajak, berupa saldo Gopay, lumayan kalo bisa dapat, untuk yang ingin buka, bisa gunakan referral saya looh hehe.

Untuk bunga, TMRW ini yang paling the best, TMRW menawarkan 4% p.a, lebiih besar dari 3 bank digital di atas, karena paling tinggi, tentunya sebagai nasabah pilih yang ini untuk menyimpan dana darurat.

Kesimpulan

Agar lebih mudah dalam perbandingan, berikut rekap bunga yang ditawarkan oleh masing-masing bank per bulan Mei 2021 ini.

Bank Digital Fitur Bunga
Jago Pocket Savings 3.5% - 4% p.a
Jenius Flexi Saver 2.5% p.a
Digibank by DBS Tabungan Maxi 3.5% p.a
TMRW by UOB City of Tomorrow 4% p.a

Bunga yang tinggi, dan bisa mengakses uang lebih gampang, tidak seperti deposito yang memiliki batasan tidak bisa diambil, kalopun bisa diambil, kita tidak dapat bunga berjalan, hanya kembali dana prinsipal yang ditabungkan bulan itu, dengan menggunakan tabungan jenis CASA di bank di atas, kita bisa mendapatkan bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, tapi mudah untuk mengambil uang tersebut.

Jadi, pilih mana?




Related Posts