← back to home

Review Aplikasi Bank Digital: Bank Jago



Photo by Bank Jago

Bank digital saat ini bertambah satu, yaitu Bank Jago, dari pengamatan pasar, bank jago ini banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena banyak sekali berita mengenai bank Jago, yang dulunya bernama bank Artos.

Nama dari bank Jago memang catchy menurut saya, dan mudah diingat.

bisa menggunakan referral saya untuk membuka akun Jago (dapat 25rb cash)

Baca: Bank digital, apa itu?

Pembukaan akun bank Jago ini cepat, mungkin karena belum banyak yang coba membuka, saya sendiri membuka akun di sana ketika bank ini launching, pada saat proses pembukaan akun tidak ada masalah sama sekali, experience-nya halus, dan saya bisa membuka akun dan disetujui akun saya dalam hitungan 8 menit.

Baca: Keuntungan menggunakan bank digital

Pembukaan Akun

Seperti ditulis sebelumnya, pembukaan akun Jago yang saya rasakan sangat instan, tidak ada kendala ketika prosesnya, dan untuk urutan pembukaan akun dimulai dengan email + nomor telepon, yang kemudian bisa dikirimkan OTP, dan bisa melakukan proses selanjutnya seperti upload KTP, selfie, dan dokumen lainnya seperti NPWP jika ada.

Fungsi OCR kebetulan bekerja dengan baik untuk KTP saya, tidak ada masalah, dan kemudian dilanjutkan dengan proses e-KYC, di sini pengguna akan diarahkan ke browser untuk melakukan video call dengan operator bank Jago.

Untuk proses e-kyc ini juga lancar, seperti biasa, pengguna diminta untuk menunjukkan muka dan KTP bersanding.

Fitur Bank Jago

Untuk fitur, bank Jago masih belum terlalu banyak, bahkan kartu ATM juga belum ada, belum tahu apakah menggunakan Visa atau GPN, atau mungkin mengadopsi seperti Jenius yang memiliki kartu lebih dari satu.

Pocket / Kantong

Selain Main Pocket, ini bisa dibilang saldo utama anda, kemudian Fitur Pocket ini juga memiliki turunannya, Pocket selain Main Pocket ada dua jenis Pocket lain yaitu Savings atau Spending (Nabung, Bayar), Kedua jenis Pocket ini dibedakan dengan penggunaannya, yaitu antara Nabung atau Bayar.

Pocket/kantong ini memiliki suku bunga yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Pocket Suku bunga
Main Pocket 0.5%
Spending Pocket 0.5%
Savings Pocket 3.5%

Menurut halaman ini, batasan Pocket Savings sebanyak 20 Pocket, dan untuk Spending juga sama, 20 Pocket.

Fitur lain yang menurut saya luar biasa, yaitu Shared Pocket, karena saya dan istri memiliki satu Dream Saver yang digunakan untuk satu tujuan, yang mana harus dilakukan transfer manual dari saya ke rekening istri yang kemudian dilakukan manual topup terhadap Dream Saver tersebut, agak manual dan banyak langkah.

Untuk Pocket bank Jago, kita bisa membagikan atau mengajak pengguna Jago lain untuk berkontribusi langsung terhadap Pocket tersebut, tanpa perlu harus melakukan penanganan manual, jadi saya bisa kontribusi langsung dari aplikasi Jago saya ke Pocket yang di-share oleh istri, tidak perlu ada penanganan tambahan, Pocket tersebut hanya bisa dikurangi dari pemilik Pocket.

Baca: Menyimpan dana di deposito di bank-bank digital (dan online banking)

Pocket ini bisa digunakan untuk banyak hal, mungkin seperti arisan, atau lainnya, karena bisa dibagikan dan orang bisa berkontribusi ke Pocket ini lebih dari 1 orang.

Pay & Send

Untuk fitur ini, sepertinya sudah umum, ini lebih kepada membungkus fitur transfer sesama Jago, atau antar bank, dan juga ewallet digabungkan, dan juga untuk pembayaran tagihan-tagihan seperti pulsa, pln, internet dan lainnya.

Request Money

Yang familiar dengan Jenius tentunya sudah tahu fitur ini, ini pada dasarnya melakukan permintaan uang dari pengguna Jago lain, yang diidentifikasikan dengan Jago ID (mungkin seperti $cashtag kalau di Jenius).

Kesimpulan

Masih ruang untuk improvement memang, fitur yang dirilis saat ini masih terhitung dasar, meski saya suka fitur Pocket, terutama dengan suku bunga yang lumayan lebih tinggi dari bank lain.

Baca Juga

Dari hasil perbandingan, Flexi Saver 2.5%, tabungan maxi digibank 3%, Pocket Savings Jago 3.5%, dan City of TMRW UOB 4%.

Seperti apa fitur selanjutnya dari bank Jago mungkin dalam waktu kedepan akan banyak fitur-fitur baru, dan sebagaimana yang banyak diberitakan, bank Jago juga diinvest oleh Gojek, jadi mungkin saja nantinya ada integrasi antara Jago dan Gopay.

bisa menggunakan referral saya untuk membuka akun Jago (dapat 25rb cash)


#menabung #literasi finansial #personal finance #ngaturduit #tujuan finansial #investment

Related Posts