← back to home

Update bank digital dan fee admin



Henning Kesselhut on Unsplash

Akhir-akhir ini bank digital (atau yang mengaku digital) mengeluarkan pengumuman bahwa mereka memberlakukan fee admin (ada yang menggunakan bahasa halus, subscription/langganan) terhadap layanan-layanan yang ada di dalam aplikasinya, jika pengguna hendak terus menggunakan layanannya.

Jadi kalau ingin terus menikmati fitur-fitur yang ada di aplikasi, nasabah diharuskan membayar sejumlah uang.

Baca: Keuntungan menggunakan bank digital

Jenius adalah yang terakhir mengenakan fee ini ke penggunanya, nasabah, Januari nanti akan dikenakan biaya 10 ribu setiap bulannya, untuk menggunakan full feature dari Jenius, kemungkinan besar akan mengambil dari saldo utama, atau sumber lain yang ada di dalam akun Jenius penggunanya.

Bank digital lain tentunya ada yang sudah melakukan hal ini, bank konvensional terutama, mereka memiliki biaya untuk administrasi, dan juga biaya untuk kartu debitnya, bisa berkisar 20 ribu sebulan.


Baca juga:


Sebagai pengguna memang biaya gratis lebih menguntungkan, tapi karena ini bank, sebuah badan usaha yang harus untung, dan meski ini bank digital, branchless, tetap ada biaya operasional, dan walaupun memiliki dana pihak ketiga banyak, tapi jika tidak banyak disalurkan dana ke dalam bentuk pinjaman, bank tidak akan banyak mendapatkan untung operasional.

Sepadan, kah?

Apakah biaya yang dikenakan bank digital ini sepadan? kalau sudah merasa nyaman dengan yang ada sekarang, dan benefitnya lebih besar, kenapa tidak? misalkan dengan biaya itu kita masih mendapatkan gratis (terbatas) transfer ke bank lain, kenapa tidak, karena transfer ke antar bank masih terhitung mahal, ada yang 3500 sampai 6500 pertransfer, dibanding dengan 10 ribu perbulan, tentunya itu masih menguntungkan nasabah.


#menabung #bank digital #tabungan

Related Posts