← back to home

Antara Flexi Saver, Tabungan Maxi dan City of TMRW



Anatol Rurac on Unsplash

Lagi-lagi saya akan membahas mengenai jenis tabungan yang memiliki bunga tinggi, dan ini hanya akan terbatas hanya jenis dari tabungan digital yang akan dibahas, karena menurut saya (mudah-mudahan bukan pendapat bias), bank digital saat ini sangat membantu, baik dari sisi penggunaan, karena sudah pasti menggunakan aplikasi, dan saat pandemi ini, kalaupun hendak membuka akunnya, bisa langsung melalui aplikasi.

Baca: Perbandingan Tabungan bunga tinggi, Deposito, Reksa Dana Pasar Uang, dan Obligasi

Tiga jenis tabungan berbunga tinggi yang akan saya bahas,

  • FlexiSaver dari Jenius
  • Tabungan Maxi dari Digibank
  • City of TMRW dari UOB

Baca: Strategi tabungan dan mengatur rekening(-rekening) bank

Ketiga tabungan ini menawarkan bunga tinggi, pengertian bunga tinggi di sini adalah dibandingkan dengan bank konvensional yang biasanya menawarkan bungan dibawah 0.5% pertahun.

Apalagi dengan Bank indonesia yang saat ini menurunkan suku bunga acuan, yang berimbas pada produk tabungan, banyak tabungan yang berjenis CASA ini menjadi turun bunga yang didapat oleh nasabah.

Flexi Saver

Produk tabungan dari Jenius ini, menawarkan fleksibilitas, seperti ketiga produk yang akan dibahas di sini, nasabah bisa mengisi, mengambil tabungannya, dan mendapatkan bunga (saat ini) di 3% pertahun.

Baca: Tips-tips memaksimalkan penggunaan akun dan aplikasi Jenius

Saat ini Jenius membolehkan nasabahnya memiliki 3 Flexi Saver, ini sangat membantu untuk yang memiliki tujuan yang berbeda, memiliki fleksibilitas yang tinggi, dan bisa membuat lebih dari satu, seperti dreamsaver, hanya saja dreamsaver ini tidak bisa bebas diambil, kecuali dengan jalan menghentikan dreamsavernya.

Tabungan Maxi dari Digibank

Produk tabungan dari digibank ini, sama menawarkan bunga yang terhitung tinggi, yaitu 3% pertahun, dan nasabah hanya bisa membuat satu Tabungan Maxi saja, berbeda dengan Flexi Saver.

Untuk pengisian juga sama-sama fleksibel, bisa diisi dan ditarik kapan saja.

City of TMRW dari UOB

Tabungan dari TMRW by UOB ini agak unik user interface dan juga user experience-nya, didesain dengan tema kartu, dan hanya memiliki 2 jenis tabungan di dalamnya, Everyday Account, yang bisa kita sebut tabungan biasa, semua transaksi dari sini, dan juga tabungan berbunga tinggi City of TMRW, saya pernah menuliskan review TMRW by UOB di sini.

City of TMRW ini menawarkan bunga yang lebih tinggi dari pada tabungan lain di atas, yaitu sebesar 4% pertahun saat ini.

Sifatnya juga sama-sama fleksibel, bisa diisi kapan saja, dan ditarik kapan saja, dan untuk pengisian City of TMRW ini dibatasi sampai 50 juta ketika isi, karena ada jeda waktu antar peng-kredit-an, jadi nasabah tidak bisa setiap waktu mengisi dananya di City of TMRW ini.

Mana yang digunakan?

Untuk tujuan mendapatkan imbal hasil yang lumayan, tentu saja di TMRW, bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dana darurat, dengan suku bunga yang lebih tinggi dari yang lain.

Hanya saja, TMRW ini saat masih sedikit sekali fitur dibanding dengan bank yang lainnya, seperti deposito (meski deposito sekarang rata-rata 4%), atau produk-produk perbankan, investasi lainnya.




Related Posts