← back to home

Review aplikasi manajemen keuangan dengan Halofina



Image by Seputar Finansial

Dunia tek-fin (fintech) di Indonesia saat ini memang sedang banyak inovasi, saat ini hampir semua mengarah pada digital, inovasi-inovasi yang ada, mulai dari dunia perbankan, dunia investasi, asuransi, kesehatan dan sektor-sektor lainnya yang berhubungan dengan dunia finansial.

Aplikasi yang bisa membantu kita untuk melakukan investasi saat ini lumayan banyak, dan banyak juga layanan-layanan yang berhubungan dengan proses manajemen keuangan, seperti perencanaan keuangan, dan konsultasi, tapi yang bisa diakses secara digital/online belum banyak.

Baca: Alokasi aset dalam investasi

Salah satu perusahaan yang mencoba masuk ke area ini adalah Halofina, sebuah aplikasi yang menghadirkan solusi yang terhitung lengkap untuk penggunanya, dari mulai perencanaan keuangan, konsultasi, manajemen keuangan, sampai investasi (berupa investasi di instrumen reksa dana), yang disesuaikan dengan tujuan keuangan dari penggunanya.

Aplikasi Halofina, memiliki dua fitur/bisnis utama

Investasi

Di Halofina, fitur investasi dikemas sedemikian rupa, menyesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna, fitur investasi dibagi atas 4 sub-fitur.

  • Easy Invest
  • Lifeplan Invest
  • Socio Invest (inactive saat artikel ini ditulis)
  • Flexi Invest

Produk yang ada dibelakang jenis investasi di HaloFina ini adalah reksa dana, masing-masing jenis reksa dana mewakili jangka investasi dari investor, dan tentunya produk-produk tersebut sudah dilakukan penyaringan, yang menyesuaikan dengan tujuan keuangan dari pengguna Halofina.

Produk-produk reksa dana yang dijual di HaloFina bermacam-macam, dikemas di lifeplan, di sini Halofina berpartner dengan Tanam Duit selaku agen penjual (APERD), jadi apa yang ada di Halofina (kemungkinan besar) ada juga di Tanam Duit.

Fitur investasi yang saya suka adalah Lifeplan, yang menyediakan suatu template yang bisa digunakan oleh pengguna Halofina, yang disesuaikan dengan tujuan keuangan dari masing-masing rencana.

Misalkan untuk Lifeplan pendidikan, akan disajikan dengan produk yang disesuaikan dengan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, pengguna tinggal masukkan target bulan dan tahun dan jumlah uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, dan kemudian dihitung pula dijabarkan berapa target yang

Finaconsult

Merupakan bagian bisnis dari Halofina, di sini pengguna Halofina bisa berkomunikasi dengan ahli keuangan memiliki sertifikasi CFP® dari FPSB (Financial Planning Standard Board), advisor, atau ahli keuangan ini memiliki harga yang bervariasi per-sesi.

Finaconsult, yang disajikan dengan konsep marketplace, menampilkan ahli-ahli keuangan, yang menyediakan layanan konsultasi, dikutip dari aplikasinya, seperti Debt Management, Cashflow management, Saving & Investment planning, dan General financial analysis, dan bisa juga membahas hal lain yang berkaitan dengan finansial, dengan tarif yang transparan, sehingga kita bisa tahu berapa pengeluaran yang diperlukan untuk menggunakan jasa mereka.

Hal-hal di atas memang terkadang diperlukan untuk individu-individu yang memerlukan nasihat dari orang yang memang memiliki kapabilitas di bidang ini, dibarengi dengan ilmu-ilmu finansial yang dibutuhkan.

Personal finance memang bersifat unik, personal, pribadi, karena bisa berbeda setiap orang, tergantung individu, beda orang akan memiliki tantangan dan masalah keuangan yang berbeda, baik penanganan keuangannya, atau misalkan urusan investasi yang cocok bagi individu tersebut.

Finaconsult ini bisa menjadi salah satu jembatan pengetahuan, dan juga kenyamanan bahwa ada satu manusia di luar sana yang bisa membantu kita dengan masalah atau topik keuangan yang kita miliki.


#investasi #ngaturduit #personal finance #literasi finansial #review

Related Posts