Belanja impulsif? coba konsep 1/3/7

Belanja impulsif? coba konsep 1/3/7

Pasti kita pernah mengalami kalo liat barang lucu (baju, sepatu, handphone, dll), dan akhirnya pengen beli, ini bisa dinamakan impulsive buying, yang tentunya kalo sampai keluar uang, hal ini masuk ke kategori pengeluaran, kalo liat lagi budget, apa kita punya budget untuk ini? atau coba-coba utak-utik ambil dari alokasi kategori budget lain?

konsep 1/3/7

Pernah mencoba konsep 1/3/7?
Jadi pas kita liat barang yang lucu/menarik, coba tunggu dulu 1 hari, apakah masih mikirin barang tersebut? kalo masih coba tunggu 3 hari berikutnya, kalo masih kepikiran juga (mungkin di titik ini memang perlu barang tersebut), bisa ambil langkah ekstrem, tunggu lagi 7 hari, kalo masih juga kepikiran, mungkin bisa diputuskan beli.

Tapi, kalo dalam rentang tersebut kita lupa sama barang itu, ya emang ga perlu aja barang tersebut, dan itu mungkin satu impulse aja, spontan pengen barang itu meski ga butuh-butuh amat.

Tujuan ‘aturan’ ini supaya kita sendiri mempertanyakan keputusan diri sendiri mengenai kebutuhan dan keinginan, juga untuk melatih nahan diri terhadap pembelian yang bersifat impulsif.

Kalo semisal uang yang mau dibelanjakan itu dipakai buat nabung dan investasi gimana?