Ketahui dan kenali pengeluaran-pengeluaranmu

Ketahui dan kenali pengeluaran-pengeluaranmu

Jujur, terkadang kita gak tau kemana uang yang kita punya dibelanjakan, dialokasikan kemana, untuk apa, hal ini tentu kebiasaan yang buruk jika kita sendiri tidak bisa menjaga diri dan uang, kita pasti akan sulit melakukan budgeting tanpa mengetahui kisaran pengeluaran yang kita belanjakan setiap hari/bulannya.

Mengapa penting mencatat pengeluaran penting? karena ini salah satu cara yang bisa kita gunakan sebagai penentu untuk mendefinisikan tujuan finansial yang mau kita raih, dan juga berguna untuk introspeksi diri, atau lebih tepatnya instrospeksi pengeluaran, instrospeksi finansial, pengeluaran yang mana yang bisa kita kurangi atau hentikan sama sekali, dan bisa mengalokasikannya untuk hal lain, dan ini juga cara untuk kita mengenali diri kita sendiri dalam menghadapi masalah keuangan.

Mencatat pengeluaran sangat mudah, bisa dengan menuliskan di buku, handphone, atau mungkin untuk yang ingin lebih teliti, bisa menggunakan file excel atau Google Sheet atau aplikasi-aplikasi mobile.

Catat saja semuanya, mungkin terdengar seperti orang yang pelit, tapi ingat, ini penting, catat dari mulai biaya parkir di indomaret misalkan, memberi ke yang minta-minta, beli air sebotol, sampai yang kecil-kecil. terdengat susah? iya, tetapi yang tersusah itu membiasakan diri kita melakukan pencatatan ini, menjadikan ini sebagai kebiasaan, karena ini lagi-lagi akan mendefinisikan budget kita, dan juga audit pengeluaran.