← back to home

Menyoroti ramainya investasi yang menawarkan imbal hasil tinggi (bahkan ilegal)



Kai Pilger on Unsplash

Sebenarnya gak pingin membahas mengenai berita yang sedang ramai mengenai “investasi” dengan “aset” Binary Options, dan menganggapnya sebagai suatu “investasi”, dalam bentuk “trading”, yang mana, aktivitas trading ini digadang-gadang akan memberikan keuntungan yang besar untuk “investornya”.

Banyak sekali kata yang diberikan kutip di atas.

Mengenali diri sendiri

Karena memang semua itu tidak ada, tidak ada yang namanya trading, karena tidak ada yang diperjualbelikan, hanya satu tebakan yang harus ditebak oleh si “investor” tersebut, apakah iya atau tidak, apakah naik atau turun, yang mana jawabannya sudah dimiliki oleh penyedia layanan, lebih mirip dengan kelakuan bandar judi, dan pemain akan selalu kalah.

Ok, cukup dengan bahasan “trading” tersebut.

Kita lihat dari sisi lain, sisi kita sebagai pemilik dana, yang memiliki kebebasan dalam memilih instrumen investasi yang bisa kita investasikan, ada banyak sekali jenis aset yang bisa digunakan, dari mulai reksa dana, yang mana ini juga menyangkut banyak sekali aset di dalamnya, atau mau langsung terjun ke saham, obligasi, komoditas, dan lain sebagainya.

Waktu untuk mengembangkan nilai investasi

Dan dalam investasi, dana yang kita investasikan membutuhkan waktu untuk berkembang, waktu untuk berkembang ini tidak bisa dipercepat, ingin instan, ingin cepat kaya, pola pikir seperti ini yang bisa membuat kita terjerumus, dan memiliki keputusan yang tidak baik untuk masa depan, dan bahkan dengan pola pikir yang didasarkan atas ketamakan, kerakusan, banyak yang menjadi sempit dalam memutuskan, ada yang jadinya pinjam ke sana sini, bahkan pinjol yang bunga tinggi, ada yang jadinya mencuri, menggadaikan aset milik orang lain, dan lainnya.

Pola pikir ingin cepat kaya, tidak sabaran, maunya untung terus, akan membuat kita sengsara, karena hal tersebut tidak ada di dunia ini.

Memiliki kesabaran (atau berusaha sabar) dan juga terus konsisten dalam melakukan investasi, meski mulai dengan yang kecil-kecil, banyak investasi yang bisa dimulai dari 10 ribu, asalkan konsisten, dan biarkan waktu yang membuat investasi kita berkembang.




Related Posts