investasi, opini,

Investasi waktu dipengetahuan

Tidak melulu mengenai uang yang diinvestasikan, tetapi waktu yang kita gunakan untuk menguasai pengetahuan dengan membaca buku, artikel, kursus online dan lainnya, menjadi hal yang penting untuk kita investasikan.

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Mar 04, 2022 ยท 1 min read

Investasi bukan hanya mengenai uang, bukan hanya berapa jumlah dana yang diinvestasikan terhadap aset yang diinvestasi, konversi dari dana menjadi aset ini, kita lakukan secara konsisten dan biarkan waktu mengembangkan nilai investasi kita agar terus berkembang.

Hal lain yang bisa kita investasikan adalah waktu, waktu yang kita miliki, yang mana sama semua orang, masing-masing memiliki 24 jam sehari, yang membedakan adalah bagaimana orang-orang menggunakan waktu tersebut, untuk hal yang bermanfaat atau tidak?

Investasi di waktu, semisal kita investasikan 5-10% waktu kita sehari untuk hal yang bisa menambah pengetahuan, bisa itu kursus online, membaca buku, membaca artikel yang bermanfaat, bisa tentang hal umum, finansial, atau apapun, membaca buku satu halaman atau mendengarkan podcast dengan topik yang kita sukai.

Hasil investasi ini akan terus berkembang, seiring dengan terus bergulirnya waktu, compounding terus menerus dengan tambahan ilmu dari investasi waktu kita yang lain.

Dengan literasi, khususnya literasi finansial, bisa membuat kita lebih memiliki informasi, memiliki pandangan lebih luas dan juga bisa menjadi lebih bijak dalam mengatur keuangan yang kita miliki.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Berlubang

Baru-baru ini saya mendapatkan musibah, handphone yang saya gunakan, yang mana handphone ini memang agak sulit mendapatkannya, membel...

In opini, Sep 22, 2022