← back to home

Kita termasuk yang mana?



Artem Beliaikin on Unsplash

Postingan ringan, ini pertanyaan yang saya sering saya tanyakan pada diri sendiri, dan sering direnungkan, yang saya lakukan saat ini termasuk apa? terutama keputusan-keputusan yang berkaitan dengan keuangan, keputusaan dan apa saya lakukan ini apakah akan berimbas kehidupan saya (dan keluarga) di masa mendatang?

Investor, adalah orang yang menginvestasikan, menabung, dana/sumber daya yang dimiliki dengan harapan akan tumbuh dan kemudian bisa digunakan di masa mendatang, kita menukar sumber yang kita miliki saat ini, baik itu dana, waktu, agar kita memiliki waktu, dan dana, di masa mendatang.

Baca: Menabung dan investasi bukan hal yang mudah untuk dilakukan, dan begitu juga menunda kesenangan

Borrower, peminjam, di sisi lain, melakukan konsumsi saat ini, yang cenderung berlebihan, Y.O.L.O, hidup gimana ntar aja dah!, yang mana hal ini secara tidak langsung, sebenarnya kita sedang “meminjam” uang, waktu, yang kita punya di masa depan untuk dinikmati saat ini, peminjaman ini tidak akan terasa, karena yang sedang kita jalani adalah masa kini, masa mendatang tidak terlihat atau belum terjadi.

Baca: Membangun pola pikir positif terhadap uang

Menikmati hidup yang saat ini memang penting, dan kalau bisa menikmati hidup sambil bisa menabung, investasi, untuk masa depan itu lebih baik lagi, tetapi jangan terlalu keras juga pada diri sendiri, ya!.

Jadi termasuk yang mana? investor? atau borrower?




Related Posts