← back to home

Masih bekerja dari rumah, dan pengeluaran bulan mei



Photo by Iryna Tysiak

Bulan mei ini saya bisa lebih mengerti kebiasaan-kebiasaan yang ada di rumah, penggunaan alat-alat yang menggunakan listrik, transportasi, dan belanja bulanan dibandingkan dengan bulan april kemarin.

Komponen pengeluaran yang dibayar/beli setiap bulannya dikategorikan seperti ini

  1. Belanja
  2. Utilitas
  3. Transportasi
  4. Makanan
  5. Layanan langganan

Dengan mengkategorikan jenis-jenis pengeluaran, kita lebih mudah dalam pengalokasian, dan juga lebih mudah dalam melakukan inspeksi jika diperlukan untuk mereview pengeluaran, sehingga bisa lebih mudah untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Belanja

Sekarang sudah tidak lagi melakukan belanja bulanan, karena menurut dalam opini saya, agak susah (setidaknya untuk saya) untuk memprediksi mau masak/makan apa 3 minggu ke depan, untuk beberapa hal bisa diprediksi, misalkan sabun cairan pel, sabun mandi, dan beberapa yang non-makanan lebih mudah menakarnya, dan kalau beli agak lebih tidak akan basi.

Belanja dilakukan mingguan, terutama untuk sayuran dan bahan lain, dengan melakukan ini, belanja jadi lebih hemat, karena pikiran gak kemana-mana yang kadang membeli yang tidak dibutuhkan kalau belanja untuk satu bulan, dan jadi bisa hanya belanja untuk yang dibutuhkan saja.

Dalam seminggu untuk sayur/makanan dilakukan satu atau dua kali seminggu, sekali belanja rata-rata maksimum 100 ribu, total untuk belanja masak atau bahan makanan maksimum 500-600 ribuan (kalau ada daging bisa 600 ribuan) 4 minggu.

Utilitas

Listrik, air, internet, gas, hal-hal yang saya sebut sebagai utilitas rumah, penggunaan listrik sebulan maksimum mencapai 700 ribuan, air sekitar 200 ribuan, internet 410 ribu, dan gas 130 ribu, gas terkadang bisa digunakan sebulan lebih, hampir dua bulan.

Untuk listrik, lumayan turun dari bulan lalu, karena sudah mulai tau mana saja yang bisa dihemat, menerapkan ac tidak boleh lebih dari 2 kamar yang hidup, Air terkadang fluktuatif, tapi rata-rata 200 ribu, dan internet, karena bekerja dari rumah, dan hampir tiap hari video conference, butuh internet yang lumayan, saya menggunakan firstmedia paket D’Lite HD, sejauh ini masih mencukupi.

Transportasi

Karena masih bekerja dari rumah, jadi penggunaan mobil tidak sesering dulu, dalam sebulan cukup menghabiskan 300 ribu, berbeda dengan dulu, yang 300 ribu itu untuk seminggu.

Makanan

Saat pandemi sudah tidak pernah lagi makan di luar, meski terkadang ada saat membeli makanan dari luar menggunakan GoFood atau GrabFood, itupun rata-rata satu minggu sekali, dan jika dirata-rata, mencapai 400 ribu sebulan.

Layanan berlangganan

Untuk kebutuhan kerja, dan pribadi, masih berlangganan seperti Spotify, Netflix, Apple, Google, sebulan bisa mencapai 443 ribu, untuk langganan-langganan layanan ini masih belum ada gantinya, jadi masih dipakai sampai saat ini.

Dalam sebulan untuk sehari-hari pengeluaran dan lain-lain mencapai kurang lebih 4juta.


Tags: ngaturduit, personal finance, tabungan, literasi finansial, keuangan, belanja bulanan, budgeting

Related Posts