← back to home

Cara menabung emas, sebagai salah satu instrumen investasi



Photo by Nick Fewings on Unsplash

Zaman dulu mungkin tidak pernah terpikirkan untuk bisa “menabung emas”, dan mungkin jika ada, arti menabung emas, dulu, membeli emas (1gr atau lebih), kemudian mengumpulkannya, dan berharap mendapatkan untung dari apresiasi harga emas per-gram-nya.

Selain harus mengumpulkan emas secara fisik dan terkadang harus dalam jumlah besar, kemudian harus memeliharanya agar kinclong, dan juga harus menyimpan di tempat yang aman, karena hal-hal inilah yang menjadikan investasi emas dengan menyimpan emas secara fisik terlihat seram, merepotkan, dan juga secara hitung-hitungan, kalau mau aman, menyimpan di deposit box akan kena biaya.

Harga emas cenderung naik trennya, dan memiliki fluktuasi yang relatif rendah, jadi bisa dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi.

Menabung emas pada zaman sekarang sudah banyak berubah, tidak perlu lagi membeli dalam jumlah besar (hitungan 1 gram-pun masih terhitung mahal), investor emas ritel saat ini bisa membeli melalui tabungan emas online yang mana bisa membeli 0,01 gram, atau pada harga sekarang cuma Rp 5000, bisa membeli emas secara “ketengan” tentu memudahkan untuk ditabung.

Sebentar, menabung emas secara online?

Iya, sekarang dengan banyaknya inovasi TekFin (Teknologi Finansial, atau fintech), orang menjadi mudah dalam melakukan investasi, emas tidak terkecuali.

Tabungan emas online adalah satu layanan penitipan (saldo) emas secara digital, melalui internet, dari layanan penyedia tabungan emas online, kebalikan dari membeli emas secara konvensional, yang mengharuskan datang ke toko emas, dan membeli dalam satuan biasanya 1 gram atau lebih.

Dengan tabungan emas online, investor, seperti disebut di atas bisa menabung/membeli emas dengan “saldo” gram awal minimal, yang bisa ditambah terus sampai misalkan minimal (biasanya) 1 gram, yang mana kita bisa memilih untuk mencetaknya secara fisik, berupa emas batang (ada layanan yang bisa mencetak dalam bentuk perhiasan).

Dengan menabung emas secara online, bisa juga dengan cara ketengan/eceran, memudahkan investor/nasabah untuk melakukan transaksi jual atau beli emas secara digital, karena semua dilakukan secara realtime, dan zaman sekarang, membeli emas tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi atau ecommerce marketplace, dan seperti online shop, pembayaran bisa melalui transfer, atau dompet digital.

Apakah menguntungkan menggunakan tabungan emas online?

Secara garis besar, seperti disebutkan di atas, tabungan emas online ini relatif rendah risiko, salah satu web yang suka dikunjungi, Duwitmu.com, menegaskan poin-poin yang saya sebut di atas, mengutip 5 keuntungan menabung emas, yaitu,

1. Harga emas relatif stabil

Jika merunut histori harga emas, itu relatif stabil, bahkan jika merentangkan histori sampai 10 tahun, harga emas cenderung naik, bisa dilihat di sini, dengan kestabilan dan kecenderungan harga naik, banyak orang menggunakan emas sebagai salah satu instrumen investasi untuk dipegang sebagai bagian alokasi aset perencanaan tujuan finansial jangka panjang.

2. Fleksibel dan mudah dicairkan

Tabungan emas online menawarkan kemudahan-kemudahan, salah satunya mencairkan tabungan emas tersebut, dengan cara menjual tabungan emas yang kita punya melalui aplikasi penyedia, dan juga bisa melakukan pencetakan emas, dengan minimum berat biasanya 1 gram, menjadi batangan atau perhiasan, dengan tambahan biaya cetak tentunya.

3. Aman

Dibanding dengan menyimpan emas di rumah yang lebih banyak risiko keamanan, menyimpan dalam bentuk tabungan emas tentunya lebih aman, dan juga lebih murah dalam pemeliharaan, bayangkan misalkan memiliki emas banyak dan mengharuskan menyimpan di safe deposit box, maka ada biaya sewa deposit box yang tidak murah, yang tadinya untuk investasi malah harus keluar uang.

Salah satu penyedia layanan tabungan emas online adalah Pegadaian, merupakan BUMN yang sudah dikenal masyarakat dan tentunya berpengalaman puluhan tahun, memiliki track record bagus, dan biasanya cabangnya di dekat rumah.

4. Terjangkau

Bisa memulai tabungan emas online dengan satuan kecil, sekecil 0.01 gram, dan bisa memulainya langsung, tidak perlu menunggu lama, sama seperti bisa membeli reksa dana dengan saldo “receh” dari beli-beli go-food?

Uang jajan sisa ini, jika memiliki akun tabungan emas online, bisa digunakan untuk membeli emas.

5. Praktis dan mudah

Dengan kemudahan internet dan inovasi TekFin, sekarang mudah untuk membuka tabungan emas online, misalkan dengan Pegadaian Online, saya sendiri menggunakan Pegadaian Digital untuk keperluan tabuang emas online ini.

Dengan menggunakan aplikasi tentu lebih mudah dan praktis, karena bisa membuka tabungan emas online, bisa membeli, menjual, atau sekadar mengecek harga, saldo di dalam aplikasi.

Dan karena Pegadaian juga memiliki cabang fisik, bisa juga mendatangi cabang Pegadaian terdekat, dan membuka tabungan emas yang tentunya bisa dibantu oleh agen Pegadaian di cabang tersebut dan bisa melakukan topup seperti rekening tabungan umumnya, hanya saja ini dikonversi dalam emas.


Tags: ngaturduit, personal finance, literasi finansial, investasi, keuangan, menabung, emas

Related Posts