seputarfinansial
by seputarfinansial
3 min read

Categories

Tags

  • menabung
  • literasi finansial
  • personal finance
  • budgeting
  • investasi
  • fee
  • biaya admin
  • admin

Untuk transaksi keuangan, biasanya ada biaya admin atau fee, bisa dalam bentuk persentase atau dalam bentuk harga tetap, misalkan biaya transfer antar bank saat ini 6500 (untuk SKN turun jadi 3500 dari 5000), hal ini bisa dibilang wajar kalau frekuensi transfer tidak banyak, kalau banyak rugi juga ujung-ujungnya.

Beberapa transaksi keuangan yang bisa kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya,

Fee transfer bank

Seperti yang dibahas di atas, biaya transfer antar bank bisa lumayan juga jika diakumulasikan, fee yang harus dibayar saat ini adalah 6500 per-transfer, jika melakukan beberapa kali transfer bisa lumayan besar, misalkan kita mau topup Gopay, OVO atau e-wallet lainnya, atau juga jika kita bergerak di bisnis ritel yang volume kecil, fee ini bisa menggerus profit perlahan-lahan.

Solusi: Coba cari bank digital yang menawarkan bebas biaya transfer, seperti Jenius, Digibank.

Fee pembelian pulsa, data

Fee ini skemanya bisa berubah-ubah tergantung jumlah yang dibeli, juga tergantung operatornya, untuk nilai yang besar biasanya kita membayar kurang dari jumlahnya atau mungkin sama sejumlah pulsa yang kita beli, dan terkadang ada biaya tambahan, biasanya 500-100 (mungkin lebih).

Solusi: bisa lakukan pembelian di e-wallet (Dana misalkan), atau bank digital yang menawarkan harga tanpa fee atau bahkan lebih murah.

Makan di luar (restoran atau tempat yang menyediakan service)

Ini pasti sering mengalaminya, ada beberapa restoran yang memiliki skema pajak PPN dan juga service charge secara bersamaan, dan ini bisa bervariasi persentasenya (10-20% biasanya), tinggal kalikan dengan harga yang dibayar.

Solusi: Dalam opini saya, service charge ini sudah termasuk tip, karena service charge merupakan kebijakan dari restoran atau bisnis servis lainnya untuk kesejahteraan karyawannya.

Transfer ke luar negeri

Hal ini sudah pasti akan ada banyak yang harus diperhitungkan, antara lain kurs dan juga biaya admin untuk transfer ini, beda negara bisa beda fee yang dibayarkan.

Solusi: Tidak ada solusi yang bisa sampai gratis, tapi bisa cari layanan seperti western union atau mungkin bank yang anda gunakan menawarkan harga yang lebih murah.

Biaya tarik tunai di luar negeri

Meski biaya ini bervariasi, tetapi biasanya di rentang 25.000 - 50.000 tergantung dari bank dan mungkin negaranya, misalkan ketika saya ke negara di ASEAN, setiap kali menarik uang dikenakan biaya 25.000, belum lagi dengan fee konversi kurs yang mungkin saja ada yang dibebankan ke nasabah.

Solusi: Jika bisa membayar dengan menggunakan kartu, gunakan kartu, karena biasanya transaksi dengan menggunakan EDC dan kartu tidak dikenakan biaya.

Biaya keterlambatan pembayaran

Biasanya terjadi keterlambatan di tagihan kartu kredit, (dan mungkin terjadi di tagihan PLN, PAM, dll) jika kita telat dalam membayar dari tanggal yang ditentukan maka ada biaya denda tambahan, tentu hal ini bisa menambah uang yang musti dikeluarkan.

Solusi: jangan telat hehe

Bunga kartu kredit

Jika kita membayar nilai minimum yang ditagihkan di tagihan kartu kredit, maka sisa tagihan yang belum kita bayar akan terus berbunga, dan bunga tagihan kartu kredit ini sangat-sangat besar.

Solusi: Selalu bayar tepat waktu dan lunas, jangan menyisakan sisa tagihan, meski itu biaya materai, atau stop menggunakan kartu kredit sekalian.

Biaya investasi

Untuk yang investasi dengan dengan instrument reksadana, atau mungkin investasi dengan membeli saham dan instrumen investasi lainnya, ada fee atau biaya yang harus dibayarkan, dari biaya untuk memanage dana kita di manager investasi, atau juga pajak pembelian/penjualan saham yang kita lakukan (ini bisa jadi post terpisah nanti).

Solusi: Cari manager investasi yang memiliki fee rendah dibanding dengan yang lain, biasanya, tapi tidak selalu demikian, MI yang memiliki asset under management besar management fee-nya cenderung rendah (tetap bisa saja besar), riset mengenai hal ini sangat penting.

Penutup

Biaya-biaya ini bisa saja terlihat kecil tapi jika ada banyak dan dijumlahkan bisa menjadi lumayan ujung-ujungnya, dan masih banyak lagi jenis biaya-biaya lain yang tidak disebutkan di sini.