seputarfinansial
by seputarfinansial
2 min read

Categories

Tags

  • menabung
  • literasi finansial
  • personal finance
  • budgeting

Untuk yang bekerja, atau memiliki usaha, ketika ada kenaikan gaji atau untung lebih, pernah ada keinginan untuk membeli atau menggunakan sesuatu yang lebih dari biasanya? lebih dari yang kita punya sebelumya? baik dari sisi harga atau mungkin sisi merek.

Jika hal ini terjadi, dan gaya hidup semakin tinggi, sedangkan pendapatan tidak selalu naik, bisa stagnan, maka sudah bisa dipastikan kita terkena inflasi gaya hidup.

Inflasi gaya hidup bisa diartikan naiknya pengeluaran seiring dengan naiknya pendapatan, dan biasanya inflasi ini akan terus meningkat, karena sangat mudah sekali kita berada di posisi ini, yang berujung dengan tidak adanya tabungan atau simpanan lain, apalagi investasi, dan bisa dikategorikan sebagai kesalahan finansial juga.

Semua orang bisa terkena inflasi gaya hidup ini, jadi selalu awas terhadap tanda-tandanya dan bijak menghadapinya akan sangat membantu agar tujuan finansial bisa tercapai.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari gaya hidup

1. Selalu mengawasi pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan.

Dengan mengawasi pengeluaran yang kita lakukan, kita bisa mengidentifikasi pengeluaran-pengeluaran yang mungkin diluar kebiasaan atau lebih dari yang biasa kita bayar, lebih dari kemampuan kita.

2. Langsung menabung ketika ada uang masuk, bisa 5-30% dari gaji yang masuk misalkan.

Menabung langsung ketika gajian, jadi tidak menunggu akhir bulan untuk menabung dengan sisa pengeluaran, yang biasanya kecil atau mungkin tidak bersisa, dengan melakukan ini kita terbiasa hidup dengan sisa uang yang sudah kita tabung sebelumnya.

3. Hindari hutang (KTA, Kartu kredit), jika tidak bisa mengaturnya.

Mengatur utang terkadang susah, tapi hidup lebih mudah jika tanpa hutang, dengan tidak adanya hutang konsumer seperti kartu kredit yang biasanya kita tidak bisa mengawasi pengeluarannya, belum lagi dengan bunga yang ada dihutang tersebut.

4. Selalu berpikir jangka panjang.

Karena hidup tidak hanya hari ini, ada hari-hari ke depan, misalkan kebutuhan membeli rumah, sekolah anak, umroh, naik haji, hal-hal tersebut memerlukan dana tentunya, dan alangkah baiknya jika kita sudah menabung sebelum-sebelumnya.

5. Selalu membuat budget (personal atau keluarga).

Pada tulisan sebelumnya tentang budget dan metode budgeting, ditulisan tersebut dijabarkan bagaimana pentingnya budget dan juga bagaimana membuatnya, dengan budgeting kita bisa lebih mengetahui dan navigasikan kehidupan finansial kita dari waktu ke waktu.

6. Minimalkan pengeluaran.

Hal ini berkaitan dengan pengawasan pengeluaran dan budgeting, dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa lebih bijak dalam pengeluaran dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak penting/perlu.

Penutup

Ada banyak lagi cara lain yang bisa menghindarkan kita dari jebakan inflasi gaya hidup, yang pada intinya adalah selalu perhatikan pengeluaran dan selalu awas terhadap hal-hal yang akan menggiring kita ke sana, inflasi gaya hidup ini bisa mengganggu tujuan finansial kita.