← back to home

Mengenal myBCA, digital platform baru dari BCA



Photo by myBCA dari Bank BCA

Ada aplikasi keuangan baru, yang baru-baru ini dirilis oleh bank BCA, bank terbesar di Indonesia, setidaknya menurut kapitalisasi pasar, aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi digital platform dari BCA, diberi nama myBCA.

Menurut website myBCA,

myBCA merupakan digital platform terbaru dari BCA dimana nasabah hanya memerlukan single user ID untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening yang dimilikinya di BCA dengan mengggunakan BCA ID. myBCA bisa diakses melalui aplikasi di smartphone ataupun melalui website di desktop.

Dengan myBCA, kita bisa mengakses informasi yang sebelumnya ada di m-BCA dan Welma (nantinya kemungkinan aplikasi-aplikasi layanan BCA akan dimasukkan juga), bisa dilihat di aplikasi myBCA, seluruh data dan informasi, seperti histori transfer, kontak-kontak nomor rekening yang ada juga bisa dilihat di myBCA.

Seperti disebutkan di atas, kita juga bisa melihat informasi investasi kita di platform bank BCA, yaitu Welma, di Welma kita bisa membeli produk reksa dana dan atau Obligasi, juga ada penjualan produk asuransi, dan semua bisa dilihat disatu tempat, di aplikasi myBCA.

Bagaimana cara membuka akun di myBCA?

Untuk membuka akun myBCA, kita diwajibkan untuk membuat BCA ID, BCA ID ini bisa sama dengan ID yang ada di m-BCA atau bisa pilih sendiri, dan menurut myBCA, kita bisa membuat banyak BCA ID, tetapi, sepanjang yang saya lihat, satu BCA ID, hanya bisa dihubungkan dengan satu rekening BCA, hubungannya satu banding satu.

Ketika melakukan pendaftaran BCA ID, seperti biasa, isi email, dan masukkan password, kemudian kita akan dikirimkan email verifikasi untuk pembukaan akun myBCA ini.

Jika sudah memiliki akun Welma, bisa langsung login atau jika membuka akun Welma, maka kita sudah otomatis menjadi user myBCA.

Jika sudah mendaftar, dan login, kita akan diminta untuk memasukkan informasi kartu debit yang kita punya, informasi ini akan mengaitkan user BCA ID yang ada sekarang, dengan akun rekening BCA, dan semua informasi yang ada di dalamnya.

Didalam aplikasi myBCA, seperti memindahkan semua informasi yang ada di m-BCA dan menampilkannya dalam tampilan yang lebih baik, jadi bisa dibilang, apa yang ada di m-BCA, kurang lebih ada juga di aplikasi myBCA.

Kita bisa melihat informasi RDN kita dan juga SRE, jika kita memiliki akun broker yang terhubung dengan RDN BCA, dan pastinya bisa melihat mutasi rekening RDN tersebut.

Pembukaan akun myBCA ini sepengalaman saya, hanya bisa dibuat diponsel yang ada nomor yang terdaftar di BCA, karena akan mengirimkan sms untuk autentikasi

klik untuk gambar lebih besar

Tentang aplikasi myBCA

Aplikasi myBCA ini lebih modern dibandingkan dengan aplikasi m-BCA, dengan tampilan yang lebih baik, dan juga tata letak yang lebih baik, jujur menurut saya, aplikasi m-BCA memiliki antarmuka yang jelek jika dibandingkan dengan aplikasi bank-bank lain.

Dengan pendekatan desain aplikasi yang berbeda, myBCA lebih mudah dinavigasi, lebih mudah untuk mendapatkan informasi karena lebih jelas navigasinya.

BCA ID adalah salah satu terobosan dari BCA yang sepertinya ingin menggabungkan sistem otentikasi semua produk yang dikeluarkan oleh BCA, seperti single signon, atau single user yang bisa dipakai disemua platform, dan myBCA berada di tengah-tengah.

Untuk saat ini, menurut saya masih terlalu dini untuk menilai aplikasi ini, karena banyak potensi yang bisa dikeluarkan di dalamnya, dan memiliki potensi untuk menjadi super app.

Aplikasi ini bukan untuk membuka rekening BCA, setidaknya untuk sekarang, saat ini hanya aplikasi m-BCA yang bisa digunakan untuk keperluan pembukaan akun.

Saya sendiri excited dan pengen ngeliat aplikasi Bank BCA Digital, yang katanya sedang dalam proses pembuatan, dan sudah mendekati rilis dalam tahun ini, kita tunggu saja, apakah bisa bersaing dengan bank digital yang sudah ada.




Related Posts