Review: Money Lover, aplikasi manajemen keuangan

Review: Money Lover, aplikasi manajemen keuangan

source via moneylover.me

Mengatur keuangan, budgeting, pemasukan, pengeluaran-pengeluaran kalo ditulis manual memang agak merepotkan, musti bawa kertas atau menuliskan ke notes app di smartphone, penggunaan aplikasi di smartphone seperti aplikasi Money Lover sangat membantu.

Aplikasi ini yang saya gunakan sehari-hari, bahkan untuk pengeluaran yang terkecil sekalipun, karena menurut saya, penting untuk mengetahui kebiasaan saya dalam mengeluarkan uang, sampai nanti bisa lebih baik dalam mengaturnya.

Aplikasi Money Lover yang tersedia di android dan ios sejauh saya menggunakannya, aplikasi ini sangat berguna mengatur keuangan, coba kita telusuri fitur apa saja yang ada di dalamnya dan kegunaannya.

Fitur

Mengatur banyak ‘dompet’

Money Lover memiliki fitur ”Wallet”, untuk membuat dan mengatur banyak dompet, atau saya pribadi sering menganggap ini sebagai konsep amplop, yang bisa saling transfer dan memiliki kegunaan masing-masing, wallet ini bisa dinamakan sesuai dengan amplop uang yang kita punya.

Misalkan menamakan wallet-wallet di aplikasi Money Lover dengan nama, BCA, Jenius, Cash, BNI, dan lain-lain.

Nama-nama wallet ini dinamakan agar lebih mudah, dengan mata uang IDR tentunya kalo semua dalam IDR, karena semua transaksi-transaksi yang akan kita buat berdasarkan wallet, jadi misalkan bisa kita ada pembelian dengan BCA, terus dicatat transaksi itu dan akan muncul di histori transaksi BCA (selanjutnya di histori transaksi).

Wallet ini juga akan menjadi dasar untuk membuat budget, tagihan, transaksi berulang dan lain-lain, yang semuanya berasal dari alokasi dana yang sudah dibuat di wallet-wallet tersebut.

Histori Transaksi

Histori ini akan relatif dengan nama wallet, menuliskan transaksi yang dilakukan akan masuk ke masing-masing Wallet.

Transaksi ini dibuat dengan menyertakan kategori yang sebelumnya sudah didefinisikan oleh Money Lover, atau kita juga bisa membuat kategorisasi sendiri

Kategori ini tentunya fleksibel, bisa satu kategori bisa dikhususkan untuk satu wallet atau bisa juga buat wallet-wallet lain, ini sangat berguna untuk ketika melakukan evaluasi budget dan pengeluaran.

Tagihan

Untuk mengatur tagihan, terutama yang berulang setiap bulannya, atau waktunya yang bersifat tetap, misalkan tagihan cicilan rumah, cicilan mobil, biasanya itu nilai tagihannya tetap.

Tagihan juga bisa dikategorisasikan

Budget

Pada artikel sebelumnya pernah dibahas macam-macam metode budgeting yang bisa diaplikasikan, pengalokasian/penganggaran atau budgeting dana setiap bulan ini akan terserap oleh transaksi-transaksi yang nantinya dibuat

Hutang

Untuk mengatur hutang dan piutang, orang lain yang meminjam uang dari kita, atau kita. yang meminjam uang ke orang lain, diatur di sini, yang nantinya (mudah-mudahan) kalo orang yang pinjam uang ke kita membayar, akan bisa langsung dimasukkan ke wallet apapun yang kita setting sebelumnya.

Begitu juga kalo kita yang meminjam ke orang lain, akan dialokasikan dari dompet manakah hutang kita tersebut akan dibayarkan.

Statistik pengeluaran

Money Lover membuat grafik sederhana yang cukup memvisualisasikan budget, pengeluaran kita setiap bulannya, pengeluaran kategori mana saja yang besar, diurutkan berdasarkan besar ke kecil.

Dari sini kita bisa lebih banyak belajar mengenai kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan, tracking pengeluaran ini penting untuk analisa ke depannya, dan mungkin bisa menghemat satu atau lebih pengeluaran dari kategori tertentu.

Selain fitur di atas, Money Lover juga memiliki fitur lain-lain yang tak kalah penting seperti

  • Dompet Terencana
  • Receipt Scan
  • Trend (pengeluaran yang sering dilakukan)
  • Travel Mode
  • dan lainnya

Kustomasi

Pembuat Money Lover sengaja agar menggunakan aplikasi ini lebih fun, dan bisa lebih atraktif dengan desain-desain ikon yang bisa dibeli dengan kredit, dan ikon-ikon ini bisa digunakan untuk kategori-kategori yang sekiranya cocok.

Penutup

Aplikasi Money Lover ini sudah digunakan hampir setahun, untuk berlangganan premiumnya, saya pikir sepadan dengan kegunaan dan fitur-fitur yang sangat membantu agar manajemen keuangan tidak terlalu memusingkan.

Untuk mobile, dan yang tidak begitu suka mengatur keuangan dengan file spreadsheet, aplikasi ini akan sangat membantu.