← back to home

Otomasi investasi reksa dana dengan Bibit dan Gopay



Macau Photo Agency on Unsplash

Mungkin ini postingan saya yang keberapa tentang BIBIT, tapi sejauh ini, memang BIBIT yang memiliki inovasi yang cukup signifikan, meski saya juga memiliki akun di agen penjual reksa dana lain, sejauh ini, dengan fitur yang mereka luncurkan, menjadikan porsi investasi yang saya tanam lebih banyak disimpan di Bibit daripada APERD yang lain.

Baca

Alur kerja (workflow) yang saya bangun ini berlaku dan befungsi untuk saya sendiri, jadi mungkin tidak untuk pembaca, atau mungkin bisa mencari padanan yang cocok atau serupa yang mungkin bisa diterapkan juga.

Persiapkan bank yang akan digunakan

Untuk kebutuhan ini, saya menggunakan Digibank dari DBS sebagai pusat untuk dana parkir dari sumber yang lain, misalkan dari rekening payroll, atau mungkin yang memiliki pekerjaan sampingan atau sumber dana lainnnya.

Dari rekening-rekening ini, kita akan coba lakukan transfer rutin sesuai dengan tanggal dimana kita akan membeli, topup, portofolio reksa dana kita.

Kira-kira begini alur yang akan saya buat untuk strategi Nabung Rutin yang ada di dalam aplikasi Bibit, untuk kotak garis putus, jika payroll sudah di Digibank berarti tinggal skip saja transfer ke Digibank.

Kenapa Digibank? ini sebenarnya bisa diganti dengan yang lain, terutama bank digital, hanya saja Digibank menawarkan bebar biaya transfer yang gratis, sedangkan Jenius ada kuota yang mungkin bisa habis.

Memiliki akun Gojek dan Bibit

Untuk kebutuhan ini, pastikan memiliki nomor telepon yang sama yang didaftarkan di Bibit dan yang didaftarkan di Gojek/Gopay, karena kita akan melakukan pendebitan otomatis sesuai dengan nomor telepon yang sama.

Bibit akan memiliki proses untuk menggabungkan akun Bibit dan Gopay didalam aplikasi, seperti alur di bawah ini.

Alur kerja Nabung Rutin

Untuk membuat Nabung Rutin di Bibit, pastikan kita sudah tahu reksa dana atau portofolio mana yang akan kita jadikan tabungan rutin kita, jika kita gambarkan alurnya sebagai berikut,

Keuntungan

Dengan melakukan Nabung Rutin di Bibit ini, saya sudah mengeliminasi friksi atau kebingungan atau mungkin lupa, ketika hendak melakukan investasi di produk reksa dana yang sudah kita pilih tersebut, dan dimudahkan dengan fasilitas Gopay yang bisa ditransfer dari mana saja.

Baca: Kesalahan-kesalahan yang pernah pernah lakukan ketika memilih produk reksa dana

Dengan mengeliminasi friksi, kita bisa lepas dari emosi, bebas dari pengambilan keputusan (decision fatigue), dan pikiran bisa difokuskan ke hal lain, banyak tulisan-tulisan, riset yang mendukung keuntungan dengan melakukan investasi rutin.

Baca: Cara menganalisa produk reksa dana

Catatan: alur ini setidaknya berlaku di saya, jadi mungkin yang lain bisa melakukan hal yang berbeda untuk mencapai hasil yang sama.

oh iya, kalau ada yang tertarik membuka akun Bibit, bisa pakai kode referral saya yaa.. dedenf786, atau lihat halaman referral.


#personal finance #literasi finansial #tabungan #investasi #reksa dana #reksadana

Related Posts