← back to home

Membuat keputusan-keputusan keuangan yang terkadang bisa membuat kita stress


Dalam kehidupan sehari-hari, kita dihadapkan dengan berbagai macam keputusan yang harus kita ambil, dari yang ringan sampai yang mungkin besar, dari cuma harus memutuskan makan siang apa hari ini, ataupun keputusan untuk menikah, memiliki anak, dan atau keputusan-keputusan besar lainnya.

Dalam hal pengelolaan keuangan, ini pun merupakan suatu kumpulan keputusan-keputusan kecil dan besar, berapa budget yang dialokasikan untuk belanja, makanan, sekolah, transportasi, menabung, investasi, banyak sekali.

Seperti waktu, uang, yang merupakan sumber yang pasti terbatas, segimanapun luangnya waktu, sebanyak apapun uang, pasti ada batasnya, terlebih jika sangat-sangat terbatas, keputusan yang menyangkut keuangan sangatlah krusial (menurut saya), karena, keputusan-keputusan ini yang akan menjadi kebiasaan kita nanti, keputusan ini yang bisa jadi menentukan kehidupan (ekonomi) kita nantinya.

Apakah ini bahasan yang lebay, terlalu serius? mungkin iya, mungkin juga tidak, tergantung dari sisi mana kita hendak melihatnya.

Photo by Edu Lauton

Dan sebenarnya wajar kalo memang kita merasa tegang, atau mungkin pusing dalam menghadapi masalah keuangan, sekali lagi, wajar, kita bukan diperbudak oleh uang, tapi memang uang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, untuk beribadah pun kita setidaknya mengeluarkan uang.

Baca: Menyiapkan dana darurat

Yang pasti, untuk bisa lebih meringankan pikiran kita, hal seperti, Dana darurat, itu sudah ada, atau mungkin dalam proses akumulasi, dengan adanya dana darurat setidaknya pikiran kita bisa lebih tenang.

Baca: Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan dana darurat

Kemudian, memiliki prioritas, ini tiap orang bisa berbeda, sayapun terkadang masih berubah-ubah dalam hal prioritas, dan mengakalinya dengan membuat prioritas pendek atau panjang, yang ada didepan mata sekarang ini apa yang perlu dipriorotaskan, dan kemudian mulai berpikir juga prioritas jangka panjang, seperti uang sekolah anak misalkan.

Baca: 3 Tempat yang cocok untuk menyimpan dana darurat

Ingat, kita hidup di saat ini, sekarang ini, kenali hal-hal yang membuat kita stress, baik stress dalam pengambilan keputusan atau hal lainnya, dengan mngenali itu, mungkin bisa membuat kita lebih tenang, lebih tahu apa yang harus kita lakukan untuk menghilangkan atau memininalisir stress dan ketegangan.


#personal finance #literasi finansial #tabungan #investasi

Related Posts