bits,

SFBits: Finku, Biaya Materai, Budgeting dengan Kakeibo

Finku, aplikasi mengatur, mencatat keuangan yang bisa konek ke layanan finansial dan juga informasi lain

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Feb 18, 2022 ยท 1 min read

Materai Transaksi Saham

Pemerintah akan memulai menerapkan biaya materai sebesar 10000 (sepuluh ribu), untuk setiap trade confirmation/invoice yang dilakukan investor/trader didalam pasar bursa, transaksi yang terkena biaya materai jika nilai transaksi di atas Rp10 juta.

Menurut saya, hal ini bisa menjadi hal yang bagus, karena orang setidaknya berpikir ulang jika hendak melakukan aksi, baik jual atau beli, karena saat ini setiap transaksi sudah ada biaya-biaya sendiri seperti levy, pajak, fee, dan investor lebih bisa berpikir jangka panjang.

Finku

Baru-baru ini saya menemukan aplikasi yang bernama FinKu, yang menurut websitenya, bisa mencatat pengeluaran kita secara otomatis, dengan menghubungkan beberapa akun keuangan, dari mulai aplikasi bank, sampai dengan ewallet, dan mencatat otomatis, lalu kemudian dibuatkan statistik, insight dan informasi lainnya yang berguna untuk individu tersebut.

Saat ini saya sedang tahap coba-coba, dan mungkin akan membuat review aplikasi FinKu ini di blog ini.

Kakeibo Budgeting

Membuat budget, tracking budget, meski ini terkadang membosankan, tapi hal yang perlu dilakukan, terlebih jika kita tidak tahu kemana perginya uang yang kita punya, dialokasikan untuk apa, dan salah satu sistem budgeting yang banyak digunakan adalah Kakeibo, artikel ini dipublish di WalletHacks, blog yang memiliki banyak informasi mengenai pengaturan keuangan personal dan informasi lainnya.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Berlubang

Baru-baru ini saya mendapatkan musibah, handphone yang saya gunakan, yang mana handphone ini memang agak sulit mendapatkannya, membel...

In opini, Sep 22, 2022