← back to home

Tidak ada formula yang sama dalam investasi (dan mengatur uang) yang bisa cocok untuk semua orang



Fabian Møller on Unsplash

Masing-masing dari kita, tentunya memiliki tujuan keuangan, baik jangka panjang maupun jangka pendek, makanya kita menabung, berinvestasi, dan melakukan hal yang bisa membantu mewujudkan tujuan-tujuan keuangan itu, dan juga memiliki harapan untuk memiliki kehidupan yang baik di masa depan nanti.

Dan investasi salah satu cara yang terbukti bisa digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk mencapai tujuan keuangan, apapun targetnya, kita mungkin akan memiliki cara, alat, jangka waktu, keadaan, detil tujuan yang bisa sangat berbeda dengan orang lain.

Ambil contoh, untuk yang memulai investasi di umur 20an akan berbeda dengan yang berumur 30, 40an, dan tingkat risiko yang bisa diambil pun bisa berbeda terhadap masing-masing individu, perbedaan lokasi tempat tinggal juga bisa mempengaruhi terhadap strategi investasi yang akan kita gunakan, belum lagi faktor lain, seperti keluarga, anak, pengetahuan kita tentang uang, cara pandang kita terhadap uang.

Cara investasi saya bisa berbeda dengan Anda, dan yang lainnya, alokasi aset yang saya punya bisa jadi berbeda juga, semua sangat personal, tidak ada yang memiliki formula spesifik yang bisa berlaku untuk semua orang, yang bisa dilakukan adalah tetap menabung, dan tetap berinvestasi!

Pun dalam mengatur uang, baik untuk keperluan konsumsi, maupun investasi, cara kita melihat dan memperlakukan uang bisa jadi berbeda, tergantung dari bagaimana kita dibesarkan, hal ini berpengaruh besar terhadap pandangan terhadap uang, dan bagaimana mengaturnya, dan bagaimana hubungan kita dengan uang.

Dengan melihat rencana tujuan finansial kita, setidaknya bisa membayangkan dengan cara merunut ke belakang bagaimana cara kita untuk bisa mencapai tujuan tersebut, hal apa yang kita siapkan, dan lagi-lagi, hal ini berbeda setiap orang.

Yang bisa kita sama-sama lakukan adalah fokus terhadap tujuan keuangan kita masing-masing, fokus terhadap apa yang menjadi alasan untuk kita bekerja dan alasan kita melakukan investasi.

Ada banyak aset yang bisa dijadikan investasi, bisa saham, properti, reksa dana, atau lainnya, tapi parameternya yang bisa berbeda setiap orang, keadaan keuangan, umur ketika memulai investasi, pekerjaan, lingkungan kita dibesarkan dan faktor-faktor lain.

Seperti namanya, personal finance, ini sangat personal, berbeda setiap orang.




Related Posts