← back to home

Blog finansial dan investasi di Indonesia yang layak untuk diikuti



Photo by Matthew Guay via Unsplash

Membaca berita tentang ekonomi, dunia finansial, tentang investasi bisa membantu kita untuk bisa semakin bertambahnya literasi finansial kita, gak perlu jadi expert, tapi dengan melek keadaan sekarang, isu apa yang hangat, bisa tahu kenapa ada korelasi dari negara lain berimbas ke negara kita.

Baca: Investasi di saham? daftar sekuritas-sekuritas yang bisa dijadikan rujukan informasi, signal dan referensi untuk investor

Dan tentunya mengetahui tingkat literasi finansial kita seperti apa, terutama kita sebagai investor ritel dan swakarya, memperbanyak ilmu dan literasi tentang finansial wajib hukumnya, karena tidak ada yang akan membantu kita (setidaknya sekarang), selain diri kita sendiri.

Sumber-sumber yang disebutkan di sini yang biasa saya ikuti, dan juga berlangganan RSS-nya, jadi bisa dibaca di aplikasi RSS reader tanpa harus mengunjungi websitenya.

Tanam Duit

Tanamduit Outlook dan artikel kategori lain lumayan membantu saya dalam memahami apa yang sedang terjadi di pasar (terkadang ekonomi), disertai dengan analisa tim Tanamduit, dan juga terkadang ada postingan artikel tentang produk-produk investasi yang biasanya ada diplatformnya, misalkan artikel mengenai obligasi ini.

Bibit

Meski terkadang blog Bibit berisi jualan produknya, ada beberapa yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi juga, terutama yang saya suka kategori News, yang berisi rangkuman apa yang terjadi di dunia finansial, investasi dan juga berita umum yang mungkin mempengaruhi ekonomi. dan lainnya.

Mungkin sedikit bias, karena saya membeli beberapa produk reksa dana di sini (ada referral yang bisa digunakan), dan sejauh ini, banyak artikel yang cukup berguna, setidaknya untuk saya.

Baca: 7 Aplikasi yang bisa digunakan untuk investasi saham, etf, reksa dana, obligasi atau produk investasi efek lainnya

Rudiyanto.blog

Mengenal blog ini berangkat dari ketidak sengajaan, membaca artikel di Kontan mengenai investasi, dan kemudian menemukan blog dari Rudiyanto ini, yan merupakan Investment Manager di Panin investment (PNIN).

Yang dibahas di blog tersebut sangat beragam, dan karena mas Rudi ini juga sudah menulis beberapa buku (saya punya bukunya beliau) yang membahas investasi, pajak dan informasi-informasi lain dengan pembahasan lebih dalam, karena mas Rudi dari sisi pelaku usaha (kalo saya sih ritel dan D.I.Y investor).

Diskartes

Blog personal finance, dan kalo tidak salah sekarang melebarkan medianya, tidak hanya blog, dan juga memiliki tim untuk membuat konten di situs ini atau afiliasinya, awalnya tau Diskartes ini karena teman mengikuti Andika Diskartes di Instagram, yang terus kepo cari tau, dan berujung di websitenya, dan dari sini kemudian tau juga kalo sudah menulis buku.

Infovesta

Infovesta merupakan website penyedia data untuk produk-produk efek, di situ diperlihatkan data-data dari produk yang dibuat oleh manajer investasi dan juga produk-produk lain, beserta kinerjanya, mirip-mirip dengan yang ada di Pasardana.

Salah satu APRD yang menggunakan data dari Infovesta adalah Digibank, aplikasi bank yang memiliki fitur investasi ini menggunakannya sebagai barometer kinerja dari produk reksa dana yang dijual diaplikasinya.

Sahamgain

SahamGain merupakan situs yang terakhir saya temukan, di sini, sesuai namanya lebih banyak fokus ke investasi saham, terkadang membahas juga dunia trading, dan informasi lain tentang dunia saham, bisa untuk pemula atau yang sudah mahir, banyak informasi yang berguna.

Untuk membaca blog-blog ini, jika mendukung RSS (Really Simple Syndication), saya menggunakan aplikasi Reeder untuk membaca blog ini diaplikasi tersebut supaya lebih mudah.

Ada lagi blog atau website favorit pembaca seputarfinansial?




Related Posts