← back to home

Investasi di saham? daftar sekuritas-sekuritas yang bisa dijadikan rujukan informasi, signal dan referensi untuk investor



Hans Eiskonen on Unsplash

Saham saat ini mengalami fase bullish, setelah sebelumnya mengalami penurunan yang curam (bearish) karena pandemi yang melanda dunia, terutama indonesia, tak elak, ekonomi indonesiapun terkena imbasnya, banyak industri yang mengalami kerugian, dan mungkin hanya yang memiliki cadangan yang kuat dan atau banyak harus mengubah strategi agar bisa terus bertahan.

Baca: Memulai investasi saham?

Disaat bullish ini, untuk para investor, terkadang melihat pasar yang sedang hijau menjadi galau, ingin ikut juga berpartisipasi langsung, hanya saja, perlu diingat juga bahwa pasar saham isinya bukan hanya investor jangka panjang, banyak juga investor jangka pendek, atau mungkin lebih tepat disebut trader (swing, day), scalper.

Di pasar saham, banyak orang memiliki tujuan yang berbeda, dan jangka waktu yang berbeda.

Untuk mendapatkan informasi yang terakurasi, dan juga mendapatkan pandangan dari profesional mengenai pasar, emiten yang ada didalamnya, prediksi-prediksi dari yang yang kompeten di dalamnya, saya sering melihat ikhtisar-ikhtisar dari sekuritas-sekuritas yang ada di indonesia, isinya bisa rekomendasi saham, profil perusahaan dan informasi lainnya.

Baca: Biaya transaksi jual dan beli saham (fee sekuritas dan lainnya)

Melihat analisa dari sekuritas ini lumayan cukup menghemat waktu saya dalam melakukan riset terhadap satu perusahaan yang hendak saya investasikan disahamnya, atau setidaknya keputusan yang saya ambil memiliki basis informasi yang sudah disaring.

Tapi ingat, perusahaan sekuritas ini tentunya memiliki kepentingan finansial, jika mereka merekomendasikan satu atau lebih saham, bisa jadi mereka sudah memiliki posisi terhadap saham tersebut, entah sudah menjualnya, atau sudah membelinya, jadi perlu kehati-hatian juga, karena sekuritas ini memiliki alat yang lebih baik daripada investor retail.

Baca: Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi saham

Sekuritas-sekuritas yang biasanya saya baca setiap pagi (atau malam), jika hendak melakukan transaksi saham di bursa, antara lain

BRI Danareksa

BRI Danareksa Sekuritas, yang baru-baru ini ganti nama, sebelumnya bernama Danareksa Sekuritas, setelah sahamnya dimiliki 67% oleh BRI, resmi ganti nama dengan menambahkan nama BRI di depan), meski memiliki desain halaman yang sedikit jadul, tapi memiliki tim riset yang selalu menggali informasi dan juga memberi pandangan terhadap pasar dan perkembangannya.

Mirae Asset Sekuritas

Sepertinya ini adalah sekuritas yang banyak dipakai oleh para investor retail, karena dari sisi frekuensi Mirae Asset Sekuritas ini paling banyak, YP adalah kode dari sekuritas ini.

Untuk halaman riset dari Mirae, HOTS, Mirae banyak sekali mem-publish banyak artikel, dari Daily Focus hingga Analysis yang mengandung banyak insight.

Mandiri Sekuritas

Seperti sekuritas lain, Mandiri Sekuritas (Most), juga menyediakan artikel-artikel yang menurut saya cukup untuk bisa mendapatkan informasi saham, analisa pasar, dibagi dalam segmen, Morning Rush, Investor Digest dan Afternoon Highlight.

Samuel Sekuritas

Samuel juga memiliki banyak artikel yang dimuat, dan yang sering saya baca adalah bagian Technical Chart, yang mana terkadang memuat signal dan informasi mengenai perkembangan pasar dan analisa perusahaan.

Surya Fajar Sekuritas

SF Sekuritas juga memiliki riset harian yang biasanya memuat informasi saham, pasar, dan berita-berita yang terkait didalam bursa, terkadang saya menemukan signal yang bagus juga di sini.

Lainnya

Meski tidak dibahas semua, tapi beberapa sumber yang juga sering saya kunjungi antara lain,

Baca juga: Investasi reksa dana DAN saham dengan Ajaib

Catatan

Sekali lagi, selalu diingat, bisa jadi semua Sekuritas yang saya tuliskan di atas biasanya sudah memiliki posisi atas saham yang direkomendasikan, baik posisi BUY, HOLD, atau SELL, jadi jadikan informasi dari sekuritas tersebut sebagai informasi tambahan, jangan langsung ditelan dan dieksekusi di pasar, karena, sekali lagi, itu hanya rekomendasi, keputusan tetap di tangan investor.

Baca: Apa itu Indeks saham?

Dan kalau ada rekomendasi sekuritas lain, silakan tambahkan, ya!




Related Posts