← back to home

Biaya transaksi jual dan beli saham (fee sekuritas dan lainnya)



Photo by Briony Brown on Unsplash

Investasi di dunia efek, tidak lepas dengan aturan-aturan dan juga institusi-institusi yang menyediakan jasa, fasilitas untuk investor, agar sistem untuk melakukan kegiatan investasi membeli atau menjual saham bisa berjalan lancar, dan tentunya masing-masing institusi pendukung efek mendapatkan fee tersebut.

Fee admin bisa menjadi salah satu penentu kemana dana kita akan diinvestasikan, karena jika biaya admin ini mahal, tentunya malah menjadi menambah biaya, memang di indonesia belum ada sekuritas yang memberikan biaya gratis untuk transaksi saham seperti Robinhood, Schwab, dan lainnya, tidak ada biaya komisi dan juga gratis untuk proses jual dan beli saham.

Baca: Mengapa memperhatikan biaya admin (fee) itu penting?

Fee dari masing-masing sekuritas/broker saham bisa berbeda-beda, kita coba pahami dulu komponen-komponen fee yang ada di transaksi jual dan beli saham.

  1. Fee broker/sekuritas
  2. Biaya transaksi (Levy)
  3. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  4. Pajak Penghasilan (PPh)

Fee broker (Komisi Perantara Perdagangan Efek)

Biaya transaksi dari broker/sekuritas ini bervariasi nilainya, fee jual dan beli biasanya berbeda, fee ini dibebankan ke investor untuk jasa memfasilitasi transaksi efek antara investor dan pasar/bursa.

Biaya Transaksi (Levy)

Biaya ini merupakan biaya transaksi yang dibebankan kepada investor ketika transaksi jual beli saham, karena investor melakukan transaksi yang difasilitasi oleh bursa, biaya ini sebesar 0,043% dari nilai transaksi, fee ini dibagi untuk 3 institusi, BEI, KPEI, dan KSEI.


Baca juga


PPN

Pajak ini sebesar 10% dari jumlah fee + Levy

PPh

Pajak penghasilan, pajak ini dibebankan terhadap perorangan atau institusi, pajak dikenakan pada saat transaksi penjualan saham saja, besaran pajak ini sebesar 0,1% dari nilai transaksi kotor.

Informasi fee dari beberpa broker yang dikumpulkan, per agustus 2020,

Sekuritas Fee Beli Fee Jual
Indo Primer 0,19% 0,29%
Mandiri Sekuritas 0,18% 0,28%
Mirae Asset Sekuritas 0,15% 0,25%
BNI Sekuritas 0,15% 0,25%
MNC Sekuritas 0,18% 0,28%
Trimegah Sekuritas 0,18% 0,28%
Philip Sekuritas 0,18% 0,28%
Korea Investment Sekuritas 0,13% 0,23%
Samuel Sekuritas 0,15% 0,25%

Di atas merupakan sebagian kecil data dari broker yang saya kumpulkan, bisa dilihat di sini untuk data broker lebih lengkap.



Beberapa broker di atas sudah bisa melakukan registrasi investor online, jadi lebih mudah dalam pembukaan akun broker, dan semua bisa dilakukan monitoring atas portofolio yang kita punya di halaman AKSes, atau dengan layanan-layanan yang ada di internet lainnya.

Coba cermati antara biaya admin dan juga layanan yang diberikan oleh broker tersebut, jika memang fee yang ada sudah mencerminkan layanannya, misalkan informasi yang ditampilkan lebih lengkap, antarmuka aplikasi yang intuitif sehingga navigasi lebih mudah, dan juga update aplikasi broker tersebut yang mengindikasikan keaktifan dari broker dalam mendukung penggunanya.


#ngaturduit #personal finance #literasi finansial #investasi #saham

Related Posts