investasi,

Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

Dalam dunia investasi di indonesia, terutama untuk pasar modal, dari saham, reksa dana sampai obligasi negara, memerlukan semacam identitas yang menunjukkan bahwa orang tersebut bisa, sah secara hukum, dalam melakukan aktivitas investasi di pasar modal, aktivitas jual beli produk efek, aktivitas-aktivitas ini biasanya dilakukan melalui broker yang dipilih oleh investor atau didaftarkan, penjelasan mengenai RDN, RDI, SID, SRE.

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Jan 20, 2020 · 1 min read
Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes Photo by Eugenia Clara via Unsplash

Dalam dunia investasi di indonesia, terutama untuk pasar modal, dari saham, reksa dana sampai obligasi, memerlukan semacam identitas yang menunjukkan bahwa orang tersebut bisa, sah secara hukum, dalam melakukan aktivitas investasi di pasar modal, aktivitas jual beli produk efek, aktivitas-aktivitas ini biasanya dilakukan melalui broker yang dipilih oleh investor atau didaftarkan.

Baca: Memulai investasi saham?

SID, Single Investor Identification, bisa dibayangkan seperti nomor KTP yang kita punyai untuk bisa melakukan investasi di pasar modal, dengan SID ini, kita bisa menggunakannya unytk investasi melalui broker, membeli saham, atau membeli reksa dana melalui manajer investasi, SID ini diterbitkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

RDN, Rekening Dana Nasabah, rekening dana untuk keperluan investasi atas nama nasabah, yang terpisah dari rekening broker, yang mana rekening ini digunakan untuk membeli transaksi saham atau produk efek lainnya.

SRE, Sub Rekening Efek, adalah rekening efek yang dimiliki oleh orang yang memiliki SID, yang tercatat di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), rekening efek ini digunakan untuk menyimpan portofolio efek, bisa berupa saham, reksa dana, obligasi.

AKSes, Acuan Kepemilikan Sekuritas, adalah semacam “kartu” atau akses yang dimiliki oleh investor, yang diterbitkan oleh KSEI, AKSes ini berupa dashboard, di AKSes ini investor bisa melihat semua portofolio efeknya di sini.

AKSes KSEI

Membuka akun broker lebih dari satu boleh, dan jika buka lebih dari satu, akan tetap memiliki SID satu, untuk RDN tergantung dari brokernya, kebetulan broker saya memakai BCA untuk RDN-nya, jika memiliki lebih dari satu akun broker, maka akan memiliki SRE yang berbeda, yang nantinya informasi itu akan disatukan di dashboard AKSes.

Baca: Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi saham

Di AKSes itu sendiri akan diperlihatkan saldo atau produk investasi mana saja yang kita beli, dashbord tersebut juga akan menampilkan informasi semua jenis reksa dana yang kita beli di semua APERD, informasi bank kustodian, saham yang kita punyai, dan termasuk juga obligasi yang kita punya.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Berlubang

Baru-baru ini saya mendapatkan musibah, handphone yang saya gunakan, yang mana handphone ini memang agak sulit mendapatkannya, membel...

In opini, Sep 22, 2022