← back to home

Apa yang bisa kita pelajari ketika kita disiplin mencatat pengeluaran-pengeluaran kita



Chang Duong on Unsplash

Dengan melakukan budgeting, kita bisa lebih aware dengan keuangan yang kita miliki, dan mudah-mudahan bisa selaras dengan tujuan keuangan kita, budgeting bisa membantu kita agar bisa tetap mengikuti anggaran yang sudah kita rencanakan dan anggarkan, baik dalam bentuk pemasukan dan pengeluaran.

Baca: Budgeting Sederhana

Di dalam budgeting kita mencatat semua pengeluaran yang terjadi dalam jangka waktu yang kita susun, bisa jadi membudgetkan untuk seminggu, dua minggu, atau sebulan kedepan, yang pasti kita usahakan untuk selalu mencatat pengeluaran (dan pemasukan) yang terjadi didalam rentang waktu tersebut.

Baca: Metode budgeting

Tapi, sebenarnya apa sih tujuan mencatat pengeluaran-pengeluaran tersebut?

Mengikuti perencanaan keuangan

Dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan kita, kita bisa lebih tahu kemana uang kita pergi, dan apakah sesuai dengan yang kita anggarkan pada waktu tersebut, apakah sudah mengikuti perencanaan keuangan kita atau belum.

Kemana uang itu pergi, ya?

Uang yang sudah kita anggarkan itu pergi kemana?, untuk apa?, dan bagaimana bisa terjadi perpindahan uang dari kita ke orang lain? bagaimana prosesnya? dengan melalui media apa? untuk keperluan apakah uang tersebut? apakah untuk kebutuhan konsumtif atau produktif?

Baca: Dalam melakukan budgeting, buatlah sesederhana mungkin

Kendali atas diri sendiri

Memiliki budget yang (harus) diikuti setiap bulannya, yang mana akan membuat semacam kendali atas diri kita sendiri agar tidak dengan seenaknya mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting, atau diluar dari apa yang direncanakan, jika memang ada yang mendadak (bukan darurat) harus mengeluarkan dana, pastikan diambil dari dana uang dingin (bukan dana darurat) yang tidak akan berpengaruh kepada keuangan kita.

Mengenali diri sendiri

Dengan mencatat keuangan kita, selain apakah kita bisa taat pada rencana yang kita buat, juga kita semakin mengenali diri kita sendiri, usahakan selalu jujur atas ini, jujur dengan keadaan kita, terbuka jika kita melihat laporan pengeluaran ternyata kita ini termasuk orang yang boros, yang sering mengeluarkan uang dengan mudah untuk keperluan yang tidak penting.

Dengan melihat laporan tersebut juga kita bisa lebih tahu diri kita apakah selalu membuat alasan-alasan untuk membenarkan diri kita yang boros, dan apakah kita dengan tidak sadar melakukan sabotase terhadap rencana tabungan, investasi dan pensiun kita? dengan sengaja mengambil dana dari alokasi kategori investasi/tabungan/pensiun?

Pelajaran

Dengan melihat arus keluar masuk uang kita dari catatan tersebut, kita bisa berkontemplasi atas semua itu, karena keuangan pribadi (personal finance) memang sangat personal, sangat pribadi, yang akan berbeda setiap orangnya, dan apakah kita termasuk ke orang yang tega berbuat tidak baik terhadap diri kita di masa depan (dan sekarang) dengan mengambil, menghabiskan dana yang seharusnya untuk masa depan kita.

Baca: Ketahui dan kenali pengeluaran-pengeluaranmu

Dengan makin mengenal diri sendiri dan hubungan diri kita dengan uang, mudah-mudahan kita (saya terutama!) bisa terus mengarah ke arah yang lebih baik dan makin baik dalam mengatur keuangan.

Baca: Melakukan penyesuaian budget saat situasi krisis

Dan dengan adanya pandemi ini mengajarkan kita juga tentang berhemat dan bagaimana menggunakan uang secara optimal.


#personal finance #literasi finansial #budgeting

Related Posts