← back to home

Review update: Investasi reksa dana DAN saham dengan Ajaib



Image by Seputar Finansial

Ajaib yang sebelumnya hanya menyediakan produk investasi dari manajer investasi berupa produk reksa dana, saat ini, sudah banyak memperbaharui diri, dan juga menambah fitur perantara pedagang efek, sebagai sekuritas, bisa digunakan untuk transaksi jual beli saham, setelah mengakuisisi sekuritas Primasia Sekuritas, dan ini mengubah banyak hal, untuk lebih baik dalam opini saya.

Artikel review sebelumnya saya mereview aplikasi Ajaib reksa dana, ketika masih menjual produk reksa dana dari manajer investasi yang berpartner dengan Ajaib.

Baca: Investasi Reksa Dana dengan aplikasi Ajaib

Perubahan antarmuka pastinya tidak terelakkan untuk memberikan ruang untuk transaksi saham, bisa diperhatikan dari tab, atau ruang yang memang dikhususkan untuk saham.

Saya pengguna aplikasi Trima yang dikeluarkan oleh Trimegah, dan seperti kebanyakan desain dari sekuritas yang sudah lama, desain antarmuka cenderung kaku, dan terkadang “tersesat” dalam melakukan navigasi, salah satu kritik saya terhadap Trima adalah, repotnya untuk mengakses halaman Order, harus melalui beberapa langkah baru kita bisa mengakses halaman Order, tapi meski begitu, Trima memang berjalan seperti yang diharapkan.

Transaksi saham

Sebagai orang yang berangkat dari aplikasi Trima, melihat desain antarmuka baru, terasa lebih segar, dan font yang dipilih terasa tidak mengintimidasi, lebih smooth, malah cenderung berpikir ini seperti bukan aplikasi untuk transaksi saham (sebagai investor atau trader).

Untuk RDN, Ajaib menggunakan bank permata untuk penyimpanan dana.

Baca: Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

Untuk melakukan pembelian saham, misalkan saya hendak membeli saham PT Adaro Energy Tbk, dengan simbol ADRO, sebanyak 50 lot (5000 lembar, 1 lot = 100 lembar)

transaksi saham ajaib

Melakukan pencarian simbol, dan masukkan jumlah lembar saham yang hendak dibeli.

transaksi saham ajaib

Dan pembelian saham akan diteruskan ke bursa untuk diproses, dan jika harga yang kita tawarkan cocok dengan harga jual yang ditawarkan (bid vs offer), matched, maka terjadilah proses jual dan beli dalam pasar bursa tersebut.

Dan portofolio saham kita bertambah.

Baca: Memulai investasi saham?

Desain

Secara keseluruhan, perubahan desain dari aplikasi awal dan yang sekarang memang tidak begitu ekstrem perubahannya, karena masih memegang desain awal yang menjadikannya cukup konsisten, pengguna tidak ada kesulitan untuk melakukan navigasi dan penjelajahan di aplikasi.

Fitur

Fitur-fitur tambahan yang hendak saya highlight di sini salah satunya fitur agenda, yang memberi tahukan ke pengguna agenda RUPS misalkan, atau pembagian dividen dari satu emiten, biasanya saya melihat informasi ini dengan membuka aplikasi atau website RTI.

Informasi tren, highlight dari masing-masing sektor, saham gainer saat ini banyak dibeli oleh investor, atau juga yang banyak dibeli oleh investor asing, informasi emiten yang memiliki transaksi frekuwensi tinggi, hanya satu hal yang disayangkan (tapi ini praktek umum di broker), informasi yang ditampilkan tidak realtime, ada jeda 15 menit, jadi jika hendak melakukan pembelian/penjualan, selalu buka juga aplikasi RTI untuk mendapatkan data harga yang lebih aktual.

Untuk yang membutuhkan kode referral Ajaib, bisa gunakan kode saya yaa…


dede087


Sejauh ini saya menggunakan aplikasi Ajaib untuk transaksi saham ini tidak ada masalah, dan mudah melakukan transaksi.

Memang masih banyak fitur yang belum di-cover di artikel ini, dan hanya meng-highlight beberapa fitur yang saya suka, fitur seperti alerting, kalkulator, berita, adalah fitur lain yang juga saya suka.


Tags: ngaturduit, personal finance, literasi finansial, investasi, saham, review

Related Posts