bits,

FinanceBits: Cognitive Bias Infographic

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Dec 23, 2021 ยท 1 min read

Dalam topik keuangan, terutama keuangan pribadi, tidak hanya melulu soal tabungan, investasi, alokasi aset, mau itu saham, deposito, reksa dana, obligasi dan lainnya, tetapi juga yang tak kalah pentingnya adalah orang yang melakukannya, investornya, dan ini adalah manusia, meski ada robo atau bantuan dari komputer, tetap berujung pada investornya, manusianya.

Baca: Membangun pola pikir positif terhadap uang

Selain banyak kelebihan, manusia sendiri memiliki banyak kekurangan, salah satunya dalam pengambilan keputusan, yang bisa terpengaruh oleh bias kognitif, yang menjadikan keputusan kita menjadi tidak optimal.

Visual Capitalist

Di blog ini saya terkadang membahas beberapa bias dan logical fallacy yang bisa terjadi pada investor atau manusia pada umumnya, karena memang menarik untuk dibahas, kita menjadi tahu kekurangan kita, dan mungkin bisa membuat bias/fallacy tersebut untuk keuntungan kita.

Baca: 7 Kesalahan finansial yang sering terjadi

Ambil contoh mental accounting, ini bisa jadi fallacy dan bisa menjadi keuntungan, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Mengejar kinerja masa lalu

Hal yang wajar jika kita melihat sesuatu berdasarkan yang pernah dilakukan di masa lalu, misalkan dipekerjaan, ketika mencari kandida...

In investasi, Oct 21, 2022