← back to home

Investasi menabung emas di mana saja?



Photo by Zach Kadolph on Unsplash

Investasi emas disaat pandemi ini memang menjadi sangat menarik, ada nilai intrinsik yang dipandang oleh orang sebagai nilai yang tidak bisa digantikan dengan instrumen investasi lain, kepemilikan emas memiliki perasaan lebih dibanding kepemilikan reksa dana atau saham yang tidak bisa “dipegang”, sedang emas bisa “dipegang”.

Naik turunnya emas berbeda dengan naik turunnya instrumen investasi lain, setidaknya pemegang emas tidak terlalu deg-degan, dan lagi pula harga emas sendiri tidak semua orang bisa mengaksesnya, untuk 1 gram bisa seharga 800 ribuan lebih, terkadang menyentuh 900 ribu atau lebih, agak susah untuk bisa membelinya untuk investasi 1 gram sebagai permulaan.

Dengan perkembangan TekFin-TekFin (FinTech) saat ini investasi emas lebih bisa diakses oleh banyak kalangan, dengan harga masuk yang rendah, pada artikel sebelumnya pernah dibahas, dengan uang 5000 rupiah, bisa membeli emas.

Aplikasi layanan untuk investasi saham yang akan dibahas di sini antara lain,

  • E-Mas
  • Pegadaian Digital
  • Tanam Duit
  • Bareksa
  • Tokopedia
  • Pluang

E-Mas

E-Mas merupakan layanan ada dalam bentuk aplikasi, E-mas merupakan marketplace untuk jual, beli, transfer emas, selain itu aplikasi E-Mas ini juga ada layanan untuk membeli pulsa, dan membayar tagihan-tagihan.

Aplikasi E-Mas ini merupakan marketplace emas, dan juga bisa dijadikan sebagai tabungan emas, dengan cara topup saldo yang ada di E-Mas sedikit demi sedikit, kemudian bisa dilakukan pembelian emas.

E-Mas melayani untuk mencetak emas ke dalam bentuk fisik.

Untuk membuka akun emas di E-Mas ini menggunakan kartu identitas (KTP) dan juga informasi-informasi pribadi lainnya, hampir sama seperti membuka rekening bank untuk kebutuhan KYC (know your customer).

Pegadaian Digital

Pegadaian, yang sebelumnya terkenal untuk menggadaikan barang, sekarang juga memiliki tabungan emas yang memiliki fitur mungkin mirip dengan e-mas, yakni beli, jual emas.

Pegadaian juga menyediakan pilihan untuk dicetak ke dalam bentuk fisik.

Untuk membuka akun tabungan emas di pegadaian juga menggunakan KTP dan informasi-informasi personal lainnya untuk kebutuhan KYC.

Tanam Duit

Aplikasi TanamDuit ini saya gunakan untuk investasi reksa dana, Tanam Duit merupakan salah satu APERD, yang menjual produk reksa dana dari manajer investasi, sekarang di Tanam Duit, kita bisa melakukan pembelian emas, dimulai dengan 0.1 gram.

Tanam Duit juga menyediakan pilihan untuk dicetak ke dalam bentuk fisik.

Untuk bisa melakukan investasi, baik reksa dana, emas, dibutuhkan identitas untuk kebutuhan proses KYC.

Bareksa

Bareksa, sebagai salah satu APERD juga, yang menjual produk reksa dana, sekarang pun terjun di tabungan emas, didalam aplikasi Bareksa juga bisa melakukan pembelian dan penjualan emas.

Bareksa juga menyediakan pilihan untuk dicetak ke dalam bentuk fisik.

Pembelian emas di Bareksa dimulai dari harga 50.000, saat ini ditulis, atau setara dengan 0.0536 gram di Bareksa.

Tokopedia

Pastinya Tokopedia ini banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, Tokopedia yang dikenal sebagai aplikasi e-commerce, sekarang sudah menjadi super-app, banyak fitur yang ada di dalamnya, dari reksadana sampai sekarang juga bisa digunakan untuk melakukan investasi emas.

Tokopedia bekerjasama dengan Pegadaian untuk tabungan emas ini, tidak ada minimum pembelian, jadi bisa mulai membeli dengan harga yang relatif murah

Dan karena bekerjasama dengan Pegadaian, Tokopedia menyediakan pilihan untuk dicetak ke dalam bentuk fisik.

Pluang

Aplikasi Pluang merupakan aplikasi yang terakhir yang saya coba, di Pluang ini juga bisa melakukan beli, jual emas, pembelian dimulai dari 0.1 gram, dan dengan melakukan topup yang kemudian bisa digunakan untuk membeli emas.

Pluang juga menyediakan pilihan untuk dicetak ke dalam bentuk fisik.

Untuk membuka tabungan emas ini juga memerlukan KTP dan data-data personal.

Harga emas saat pandemi ini memang melonjak naik, di dalam negeri maupun diluar, dari mulai nilai rupiah vs dollar yang tidak menentu, juga ada ketakutan orang-orang dengan situasi ekonomi, jadi merasa lebih aman dengan memegang posisi di investasi emas.


Tags: ngaturduit, personal finance, literasi finansial, investasi, keuangan, menabung, tabungan, saham, investasi saham, yuknabungsaham

Related Posts