← back to home

Mengenal Jenius Akun Bisnis

Mengenal Jenius Akun Bisnis

Jenius Akun Bisnis Page

Baru-baru ini Jenius merilis fitur baru, yang dinamakan Akun Bisnis (Business Account), yang mana akun bisnis ini dikhususkan untuk kebutuhan bisnis dan transaksi online, akun bisnis terpisah dari akun pribadi, dengan tujuan agar lebih mudah mengelola keuangan antara bisnis dan pribadi, karena targetnya untuk aktivitas online, maka tidak banyak fitur yang ditawarkan saat ini untuk Akun bisnis ini.

Cara Pengaktifan Akun Bisnis

Untuk mengaktifkan akun bisnis ini cukup mudah, cukup dengan mengkonfirmasi ”Activate Now” di dashboard sesudah mengupdate Jenius ke versi 2.31.0 (android, iOS), maka kita akan ditampilkan jendela untuk melakukan aktivasi akun bisnis.

Ketika kita aktivasi, kemudian akan ditanyakan cashtag yang akan dipakai untuk akun bisnis ini.

Setelah memilih cashtag, maka akun bisnis kita akan segera aktif

Tampilan Dashboard

Perbedaan dengan akun pribadi

Akun bisnis memiliki banyak perbedaan dengan akun pribadi, dalam akun bisnis ini tidak banyak fitur yang bisa dilihat, jadi murni seperti checking account, fitur yang ditampilkan di sini adalah

  • Dashboard
  • In & Out
  • Card Center
  • Send It
  • Jenius Contact

Seperti yang dilihat, di akun bisnis tidak ada fitur tabungan dengan bunga tinggi seperti FlexiSaver, DreamSaver atau bahkan MaxiSaver (dan bahkan tidak ada FlexiCash untuk pinjaman), mungkin bisa dibilang Jenius Akun Bisnis ini seperti Jenius versi ringan, tanpa fitur lebih seperti Jenius Akun pribadi.

Apakah perlu mengaktifkan akun bisnis?

Seperti biasa, ini tergantung, jika kita memang sering melakukan transaksi online, sepertinya ini bisa jadi komplemen untuk akun Jenius Pribadi yang sudah kita punya.

Dengan dihadirkan versi bisnis yang ”ringan” ini, kita bisa lebih mudah melihat perjalanan uang kita di In & Out.

Untuk yang sering menggunakan kartu fisik dalam bertransaksi, kita tidak dapat menggunakan kartu fisik di akun bisnis, di akun bisnis ini kita hanya diberikan 1 kartu, yaitu kartu M-Card, tidak seperti akun pribadi yang ada kartu fisiknya, di akun bisnis kartu M-Card ini berbentuk virtual, kartu ini persis seperti e-Card di akun pribadi.

Berikut tabel pembanding sederhana perbedaan antara akun bisnis dan pribadi,

Fitur Akun Pribadi Akun Bisnis
Dashboard
In & Out
Save It
Split Bill
Pay Me
Send It
M-Card ✓ (Virtual)
e-Card
x-Card
FlexiCash

Untuk saya pribadi, ini saya anggap sebagai rekening bank tambahan, jadi punya rekening lain yang bisa digunakan untuk checking account, dan untuk transaksi, jadi jangan berharap memiliki bunga yang tinggi seperti pada akun pribadi, yang bisa mencapai 4% p.a, di akun bisnis, untuk saldo utama diberikan bunga sebesar 0.5% p.a.

Related Posts

Memulai investasi dengan uang satu juta
Mengenal fitur TMRW by UOB lebih dalam
Work from home? perhatikan beberapa hal ini
Melakukan penyesuaian budget saat situasi krisis
Berhutang untuk menunjang gaya hidup
Pandemi Corona (covid-19) dan dampak keuangan, apa yang perlu dilakukan?
Belajar dari kesalahan finansial pada umur 20an
Seputar Finansial, setahun (lebih)
Dana uang dingin (uang hilang/hangus?)
Buku Keuangan Berbasis Perilaku