opini,

Ekosistem GoTo (bank Jago, Gopay/Gojek, Tokopedia)

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Jan 17, 2022 · 2 mins read

Bank Jago memiliki banyak fitur baru saat ini, khususnya untuk interkoneksi antar produk yang ada di dalam konglomerasi GoTo, yaitu Jago, Gojek, dan Tokopedia. Dan ekosistem ini terus dilakukan, selain integrasi dengan Gopay, juga integrasi dengan aplikasi investasi Bibit.

Hal ini tentu memudahkan nasabah dan juga investor yang memang memiliki dua layanan tersebut.

Ekosistem ini tentunya berujung dengan pengguna layanan GoTo untuk terus menggunakan layanan dari salah satu layanan ini, dan saling komplemen satu sama lain.

Gopay Coins

Kita belanja di Tokopedia, biasanya menyediakan cashback dalam bentuk Gopay Coin, yang mana Gopay Coin ini bisa digunakan untuk belanja lagi, jadi seperti mendapatkan diskon dari total belanja yang kita lakukan.

Gopay Coin juga bisa didapat dari promo gopay yang mana kita melakukan transaksi baik membeli makanan via Gofood atau layanan lain yang ada di ekosistem Gojek.

“Mata uang” yang digunakan didalam ekosistem GoTo ini menurut saya nantinya akan sangat powerful, bisa transparan satu sama lain, coin bisa bertukar atau digunakan dari satu layanan ke layanan lain tanpa pihak diluar GoTo, dan kita tidak tahu nantinya GoTo akan bekerja sama dengan siapa lagi untuk meluaskan jangkauannya.

Koneksi terhadap layanan lain

misalkan seperti Bibit, kita bisa menghubungkan aplikasi Bibit dengan Jago, dan jika melakukan investasi rutin dari Jago ke Bibit, jika ada promo, investor bisa mendapatkan cashback, bisa berupa saldo Gopay atau Coin.

Perlahan tapi pasti, jangkauan ini akan terus meluas, proses koneksi antar layanan didalam ekosistem GoTo sangat mudah, dan pastinya akan menggunakan itu sebagai dasar untuk meluaskan jangkauan dukungan dengan layanan-layanan lain, Gopay sudah memulai dengan sudah menjadi salah satu jenis pembayaran dibanyak merchant, baik online atau offline.

QRis sudah banyak digunakan, dan Gojek bisa mendapatkan income dari fee yang didapat atas acquiring transaksi tersebut.

Banyak ruang

Karena sudah memiliki syarat dalam menjalankan institusi keuangan, bank sudah ada bank Jago, transaksi merchant sudah ada Gopay/Gojek dan juga Tokopedia, dan tidak menutup kemungkinan pengadopsian oleh merchant lain, yang menjadikan perputaran uang diinternal GoTo sendiri sangat besar.

Ruang untuk perbaikan, inovasi baru, sangat terbuka lebar, dan kalau memang rumor yang beredar itu benar, GoTo akan IPO, kemungkinan besar akan menjadi primadona, dan nasibnya mungkin akan berbeda dengan $BUKA.

Mungkin ada yang memiliki opini yang berbeda? bisa diskusi di komentar atau email di hi@seputarfinansial.com

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Berlubang

Baru-baru ini saya mendapatkan musibah, handphone yang saya gunakan, yang mana handphone ini memang agak sulit mendapatkannya, membel...

In opini, Sep 22, 2022