opini,

Membelanjakan uang itu banyak caranya, tapi menabung dan menambah penghasilan itu tidak mudah

Banyak cara untuk kita membelanjakan, mengeluarkan uang, dimudahkan dengan banyaknya layanan-layanan, bahkan kalau gak punya uang, ada paylater!, tapi untuk bisa menabung, menambah penghasilan, tidak semudah cara membelanjakan uang.

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Oct 10, 2022 ยท 1 min read

Pernah terpikir, gak? kita gak pernah kehabisan pilihan dalam menghabiskan uang, dari mulai makanan, minuman, baju, gadget dll, bahkan dimudahkan dengan banyak sekali aplikasi, dari e-commerce, ojol, jastip dan lainnya.

Bisa dibilang, semua tinggal pilih, bayar, bahkan ada yang sudah mengintegrasikan Paylater, sederhananya pinjam uang dulu, yang dengan harapan bisa dibayar nanti.

Makin mudah, bukan?

Nah, sekarang bandingkan dengan cara-cara untuk bisa mendapatkan uang/penghasilan/pemasukan? bisa terpikir cara-caranya gak?

Baca: Membuat keputusan-keputusan keuangan yang terkadang bisa membuat kita stress

Kalau kita runut, kita bekerja mendapatkan gaji/upah, dan itu bisa jadi harian, mingguan atau bulanan, hitung itu sebagai satu sumber penghasilan, untuk yang wiraswasta, meski bisa saja tidak menentu, tapi anggap saja mirip, ada penghasilan yang didapat.

Setelah itu? apalagi? freelance? side job? ada berapa yang bisa mendapatkan hal ini? baik kesempatan ataupun waktu untuk mengerjakannya?

Tentu saja itu pertanyaan rhetoric, tidak perlu dijawab, tapi perlu dipikirkan, betapa mudah kita untuk mengeluarkan uang, banyak sekali caranya, tapi untuk menghasilkan uang? sedikit sekali.

Baca: Tujuan keuangan berbeda

Di sini diperlukan cashflow, manajemen uang, dan disiplin, hal yang tidak mudah, orang-orang banyak yang berjuang di sini, tak terkecuali saya.

Mudah-mudahan kita semua bisa lebih bijak dalam membelanjakan uang kita, dan diperbanyak juga sumber penghasilan, jadi tidak mengandalkan hanya satu saja.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Mengejar kinerja masa lalu

Hal yang wajar jika kita melihat sesuatu berdasarkan yang pernah dilakukan di masa lalu, misalkan dipekerjaan, ketika mencari kandida...

In investasi, Oct 21, 2022