← back to home

Review Seabank, bank digital dari SEA Group, pengalaman buka rekening tercepat



Photo by SeaBank

Kali ini akan mereview bank digital yang dikeluarkan oleh grup yang punya Shopee, SEA Group, baru sempat menuliskan pengalaman membuka rekening di Seabank, dan sebagai informasi sebelumnya SEA Group sudah membeli bank lokal yaitu Bank BKE (Bank Kesejahteraan Ekonomi), dan mengubahnya menjadi bank digital dengan nama Seabank.

Pembukaan rekening

Pembukaan rekening di Seabank terhitung sangat cepat, dan jika dibandingkan dengan pembukaan bank lain, mungkin karena saya bukanya pada hari sabtu, jadi loadnya agak sepi, dan persetujuan pembukaan akun ini jadinya cepat.

Untuk pembukaan akun, kayaknya hampir semua bank online dan digital dan tidak akan saya tulis detil beserta gambarnya, karena tahapannya hampir mirip semua proses E-KYC dari permbukaan akunnya.

Mengisi data-data pribadi, kemudian upload photo selfie dan juga KTP, serta OTP, setting username, password dan lainnya.


review bank lain


Fitur

Seabank untuk rilis saat ini memiliki fitur yang sederhana, tabungan, transfer, koneksi ke akun Shopee, koneksi ke Akun Shopee ini sepertinya fitur dari Seabank yang terbesar, karena memang sama-sama menginduk ke SEA Group.

Untuk transfer, disediakan transfer ke sesama Seabank dan antar bank, biaya gratis.

Koneksi akun Seabank ke Shopee memang lebih memudahkan untuk melakukan konsumsi, karena semua sudah terintegrasi, saya sendiri belum tau dari sisi seller Shopee, apakah dimudahkan juga dalam mengumpulkan uang hasil penjualan.

Seabank hanya memiliki satu rekening tabungan bunga tinggi saat ini, berbeda dengan bank lain misalkan seperti Bank Jago, Line bank, dan lainnya, yang membolehkan membuat banyak sub-rekening atau kantong, yang mana bisa digunakan untuk menabung atau untuk tujuan yang berbeda-beda.

Fitur lain seperti topup ewallet seperti Gopay, Ovo dan lainnya, dan transfer terhadap virtual account yang digunakan sebagai channel pembayaran untuk Shopee.

Bunga

Pada saat saya membuka rekening di Seabank, saat itu mendapatkan bunga sebesar 4% p.a, yang mana itu terhitung “ok”, tapi kemudian pada bulan berikutnya, Seabank mengubah bunganya menjadi 7% p.a “WOW!”, iya, 7%! bunga tabungan terbesar yang pernah saya lihat, lebih besar dari deposito, bahkan dari obligasi yang saat ini yield di angka 5%an.

Bunga yang diberikan oleh Seabank dibagikan harian (atau bahasa Seabank, Cair setiap hari), fitur “cair” setiap hari ini mirip dengan apa yang diiklankan oleh Bank Neo Commerce.

Seabank pertanggal 17 september 2021 mengumumkan memperpanjang masa promo bunga 7% ini sampai dengan bulan desember 2021.

Sepertinya Seabank memang sedang mengejar mengumpulkan dana pihak ketiga dari nasabah-nasabahnya.




Related Posts