Ada dimana kita sekarang?

Ada dimana kita sekarang?

Ini pertanyaan yang selalu berulang saya tanyakan pada diri sendiri, setidaknya setiap 3 bulan, pertanyaan dimana saya melihat kondisi dan sudah sampai dimana saya saat ini dalam perjalanan tujuan keuangan saya, mengecek keadaan finansial kita seperti apa saat ini, dan berada di posisi mana kita sekarang, apakah sejajar dengan posisi yang kita rencanakan didalam rencana-rencana finansial?

Nanti dengan uang ... yang akan datang, pasti akan dibayar ...

Nanti dengan uang ... yang akan datang, pasti akan dibayar ...

Lagi-lagi ini bisa jadi sangat familiar, dan hal ini bisa menjadi jebakan betmen, karena memiliki pola pikir seperti ini, dan memutuskan keputusan keuangan dengan pola pikir “nanti gajian akan dibayar” atau “kalo dapet THR nanti dibayar”, atau “gak apa-apa, saat ini utang aja dulu buat liburan, toh bulan depan akan dapet gajian”.

Mindless Spending

Mindless Spending

Pernah gak, kita secara otomatis melakukan pembelian barang, tanpa kita sedari sepenuhnya? niatnya lihat-lihat barang saja di Tokopedia atau Shopee, tapi kemudian dimasukkan ke keranjang, dan ujungnya dicheckout, bayar, done!.

Investasi waktu dipengetahuan

Investasi waktu dipengetahuan

Investasi bukan hanya mengenai uang, bukan hanya berapa jumlah dana yang diinvestasikan terhadap aset yang diinvestasi, konversi dari dana menjadi aset ini, kita lakukan secara konsisten dan biarkan waktu mengembangkan nilai investasi kita agar terus berkembang.