Investasi

Investasi

Photo by distel via Unsplash with a bit editing

Di blog ini sering ditulis untuk berinvestasi, sebenarnya apa sih investasi? dan investasi apa saja instrumen-nya yang bisa dipilih? kali ini akan lebih fokus membahas investasi yang tidak perlu memiliki aset fisik, seperti reksadana, saham, deposito, atau mungkin komoditas tapi tidak diperlukan fisiknya seperti tabungan emas.

read more →

Ketahui dan kenali pengeluaran-pengeluaranmu

Jujur, terkadang kita gak tau kemana uang yang kita punya dibelanjakan, dialokasikan kemana, untuk apa, hal ini tentu kebiasaan yang buruk jika kita sendiri tidak bisa menjaga diri dan uang, kita pasti akan sulit melakukan budgeting tanpa mengetahui kisaran pengeluaran yang kita belanjakan setiap hari/bulannya.

read more →

Belanja impulsif? coba konsep 1/3/7

Belanja impulsif? coba konsep 1/3/7

Pasti kita pernah mengalami kalo liat barang lucu (baju, sepatu, handphone, dll), dan akhirnya pengen beli, ini bisa dinamakan impulsive buying, yang tentunya kalo sampai keluar uang, hal ini masuk ke kategori pengeluaran, kalo liat lagi budget, apa kita punya budget untuk ini? atau coba-coba utak-utik ambil dari alokasi kategori budget lain?

read more →

Memahami kinerja finansial pribadi

Untuk mencapai tujuan finansial (pensiun dini atau punya pilihan untuk bekerja atau tidak, dll), diperlukan semacam perhitungan atau pencatatatan kekayaan (wealth), yang bisa berisi aset, liabilitas yang dimiliki, dengan melakukan hal itu kita lebih bisa melihat aset yang dimiliki, arus kas (cashflow) yang ada, liabilitas yang sekarang membebani keuangan, sampai ekuitas yang dimiliki dari aset tersebut, dari pencatatatan kekayaan yang dimiliki ini, kita mendapatkan gambaran kinerja keuangan kita saat ini.

Seburuk atau sebaik apapun itu, hal ini perlu dilakukan, kita bisa menggunakan ini sebagai titik awal untuk merencanakan kehidupan finansial dan strategi-strategi apa yang bisa kita lakukan dengan aset kita, liabilitas yang kita punya dan kemudian mencari cara jika kita memiliki hutang untuk mengurangi, menghilangkan atau bahkan menjadi surplus antara pendapatan dan arus kas.

read more →