← back to home

Seputar Finansial Year In Review



Jennifer Griffin on Unsplash

Tahun 2020 ini memang tahun yang luar biasa, ekonomi roller coaster, terutama dengan adanya pandemi ini, banyak hal yang diubah karena pandemi ini, banyak kebiasaaan, tata cara, yang berubah, dan itu semua terjadi dalam waktu kurang dari setahun.

Dan pandemi ini mengajarkan kita betapa pentiNGnya dana darurat.

Banyak orang yang tidak beruntung dengan pekerjaannya, ada yang diphk, ada yang dipotong gaji, karena perusahaan-perusahaan juga terkena imbas dari pandemi ini.

Menulis di seputar finansial setahun ini selain bahasan tentang investasi, tentunya tentang pandemi dan keuangan, dan juga tentang psikologi kita ketika menghadapi masalah uang, atau hubungan kita dengan uang.

Selama 2020 sudah menulis sebanyak 72 artikel, dengan artikel yang paling banyak dibaca adalah,

Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

disusul oleh,

Biaya transaksi jual dan beli saham (fee sekuritas dan lainnya)

Sepertinya memang tahun 2020 ini, atau disaat pandemi ini, banyak orang yang mulai melek dengan investasi saham, atau mulai masuk ke pasar bursa, hal yang bagus untuk ekonomi, karena geliat dari investor retail lokal makin banyak.

Seperti dikutip dari artikel Tirto, ada kenaikan 56% dari 2,48 juta, menjadi 3,87 juta orang.

Semoga dengan tumbuhnya inevstor, semakin kuat pula iklim investasi di indonesia, dan yang terpenting sebagai investor ritel semakin terbuka luas jalan menuju tujuan finansial yang semoga menjadikan kehidupan finansial kita lebih baik.




Related Posts