← back to home

Jenius Feesible, Sepadankah?



Bastian Widmer on Unsplash

Apakah sepadan dengan membayar Rp10.000 perbulan untuk fitur-fitur yang ada di Jenius?

Pertanyaan ini sepertinya banyak ditanyakan orang-orang, karena selama ini banyak nasabah Jenius yang menikmati fitur yang ada di Jenius dengan ”gratis”, dan dengan adanya fee 10.000 perbulan, reaksi yang ada sejauh ini tidak begitu bagus.

Disclaimer: saya adalah ex-Jenius, tulisan ini mungkin mengandung bias, tapi sebisa mungkin akan objektif.

Baca: Tips-tips memaksimalkan penggunaan akun dan aplikasi Jenius

Sebagaimana informasi yang sudah ada, Jenius akan mengenakan tarif/fee sebesar 10rb perbulan, dimulai Januari 2021, feesible ini berlaku seperti subscription/langganan layanan yang ada di Jenius.

Bank mendapatkan penghasilan dari kegiatan meminjamkan uang (dana sendiri dan dana nasabah, atau lainnya) kepada nasabah peminjam, perseorangan, atau perusahaan, yang membutuhkan pinjaman, dan menarik bunga atas uang yang dipinjamkan tersebut, dan juga mendapatkan penghasilan dari biaya-biaya yang dikenakan ketika nasabah menggunakan fasilitas bank.

Baca: Mengenal Jenius Akun Bisnis

Bank digital memang identik dengan biaya administrasi rendah, biasanya lebih rendah dari bank konvensional, bahkan ada yang gratis.

Baca: Bank Digital: Jenius

Tapi memang, gratis ini tidak sustainable, biaya mengoperasikan bank tetap ada, dan mungkin bisa naik terus, untuk menutup ini, kemungkinan besar, Jenius memutuskan untuk menarik biaya dari nasabah agar nasabah bisa tetap menggunakan fitur yang ada.

Apakah sepadan?

Menurut saya, iya sepadan, karena ada bank yang mengaku ”agak” digital, tapi menarik biaya 20.000 perbulan (pernah saya tulis reviewnya di sini) bahkan lebih besar dari bank konvensional yang biasanya sebesar 15.000 (admin+kartu ATM), dan Jenius dengan biaya 10.000, masih bisa lebih “untung”.

Baca: OCBC NISP ONe Mobile

Untuk yang tidak setuju dengan biaya ini, ya gak apa-apa, karena bisa menggunakan layanan bank lain.

Baca: Bank Digital: Membuka rekening tabungan TMRW by UOB

Mungkin sekedar masukan, bisa ditambahin fitur investasi di aplikasi Jenius, dan Moneytory menjadi aplikasi yang terpisah, dan ada fitur pembulatan yang mana kalo kita belanja dengan pecahan tidak bulat, akan dibulatkan dan angka pembulatan tersebut dimasukkan ke Dreamsaver atau FlexiSaver.


#personal finance #literasi finansial #jenius #bank digital

Related Posts