← back to home

OCBC NISP ONe Mobile



Wikipedia

Baru-baru ini saya mencoba membuka akun bank di OCBS NISP melalui aplikasi mobile bankingnya, ONe Mobile, kalau secara kategori, ONe Mobile ini belum bisa disebut sebagai bank digital, karena ada kriteria-kriteria yang menandai sebagai bank digital.

ocbc nisp one mobile dashboard

Artikel lain yang pernah ditulis mengenai bank-bank digital, seperti Jenius, Digibank, atau TMRW by UOB.

Pembukaan Akun OCBC ONe Mobile

Seperti Jenius, Digibank, TMRW, saya bisa membuka akun melalui aplikasi ONe Mobile, dan seperti pembukaan rekening pada umumnya, mengisi form-form, hanya saja untuk OCBC NISP ONe Mobile ini lumayan banyak sekali form yang harus saya isi, jadi butuh waktu yang lebih lama, banyak kuisioner yang harus diisi, jadi tidak cuma data pribadi saja.

Untuk pembukaan akun, e-KTP dan NPWP adalah hal yang harus disiapkan, berbeda dengan bank lain yang cukup dengan e-KTP saja, ini dikarenakan dibutuhkan untuk perpajakan jika menggunakan fitur investasi.

upload ktp npwp

Setelah melakukan pengisian data dan kuisioner, setelah selesai, saya bisa login ke aplikasi ONe Mobile, di sini menarik, untuk login, password kita adalah berupa PIN, bukan seperti password pada umumnya (alphanumeric, simbol), mungkin ini fitur.

Oh iya, didalam proses pembukaan rekening juga kita akan dihadapkan dengan pilihan kartu ATM, saya memilih 2 kartu, kartu dengan logo Visa dan kartu GPN.

Setelah bisa login, ada hal yang harus dilakukan, yaitu aktivasi akun.

Aktivasi Akun

Aktivasi akun di ONe Mobile hampir sama seperti bank lain, melalui video call, yang nanti akan dilakukan semacam verifikasi data yang dimasukkan ketika melakukan registrasi sebelumnya.

Setelah melakukan verifikasi, jika belum ada yang jelas, seperti foto e-KTP atau NPWP, maka customer service akan meminta foto yang lebih jelas melalui email, seperti yang terjadi pada saya, meski OCR sudah bisa membaca informasi dalam KTP dan NPWP saya dengan baik, tapi foto yang ditangkap ketika registrasi katanya kurang bagus.

Akun akan aktif dalam waktu kurang lebih 6 jam sesudah dilakukan verifikasi online.

Selanjutnya, anda disarankan untuk mengisi saldo di ONe Mobile sebesar Rp 200.000, menurut customer service, hal ini supaya pengiriman kartu debit bisa dilakukan.

Ok, setelah itu selesai, secara resmi semua proses pembukaan akun telah selesai, hanya tinggal menunggu kartu debit sampai di rumah yang nanti bisa diaktivasi melalui aplikasi ONe Mobile.

ONe Mobile menu

Fitur

Seperti bank lain juga, ONe Mobile menyediakan fitur transfer gratis (dengan syarat tentunya), dan beberapa fitur lain yang saya bisa bilang lebih dari bank lain seperti Jenius atau Digibank.

Beberapa fitur saja yang saya highlight karena menurut saya menarik,

Transfer

Mungkin ini fitur yang ada di semua bank, hanya saja di ONe Mobile, transfer dengan valuta asing adalah fitur standar, Jenius baru-baru ini mengadopsi fitur ini, itupun masih terbatas valas-nya, untuk ONe Mobile, sudah mendukung mata uang CAD, NZD, AUD, GBP dan mata uang asing lainnya (12 mata uang).

Fitur transfer juga mendukung pengiriman ke luar negeri, itu satu nilai bonus untuk yang sering menggunakan mata uang asing dalam keseharian.

transfer

Wealth Management

Ini salah satu fitur yang menarik perhatian saya, di sini kita bisa melakukan investasi dari produk-produk investasi dan asuransi, dari mulai reksa dana, obligasi ritel pemerintah, obligasi, dan juga informasi-informasi investasi yang disajikan oleh wealth manager di OCBC NISP.

Di fitur ini, saya melihatnya sebagai fitur one-stop investment, karena menyajikan banyak produk dari instrumen-instrumen investasi dalam satu fitur, untuk yang sudah memiliki SID, tunggu sehari biasanya fitur investasi efek sudah bisa diakses.

wealth management

Cardless Withdrawals

Dengan fitur ini kita bisa mengambil uang di ATM tanpa harus membawa kartu debit, ada juga bank lain yang menyediakan fitur ini, untuk saya yang kadang pelupa, fitur ini menarik.

FX transaction

Karena OCBC NISP ONe Mobile ini menyediakan mata uang asing (Forex) sebagai saldo, maka tidak heran jika fitur ini diadakan, untuk menggunakan fitur ini mengikuti jam operasional kerja, ada waktu cut-off jam 5 sore.

Online Debit card

Ini mungkin seperti e-card di Jenius, kita bisa menggunakan kartu digital ini untuk transaksi-transaksi online, membayar online shop atau transaksi lainnya.

QR Payment

Fitur ini bisa digunakan untuk membayar merchant-merchant yang menggunakan QRis dibelakangnya, hal yang berguna untuk bayar-bayar, apalagi saat covid ini yang sebisa mungkin mengurangi aktivitas pembayaran dengan mengharuskan memegang sesuai, baik kartu debit, atau PIN.

Fitur lainnya

Payment & Purchase

Fitur seperti membayar tagihan-tagihan, juga membeli pulsa, voucher dan lainnya, sepertinya sekarang bank-bank sudah menyediakan ini sebagai fitur standar saat ini.

E-wallet

Dan fitur yang lumayan umum saat ini, yaitu GoPay, OVO, dan juga wallet OCBC bernama ONe Wallet.

Sepadankah membuka akun ONe Mobile?

Menurut saya membuat akun di OCBC NISP ONe Mobile adalah sepadan, bisa digunakan untuk alternatif penyimpanan dana, dan juga jika hendak menggunakan fitur wealth management secara khusus akan sangat berguna, saya ingat dulu pertama menggunakan bank commonwealth yang memiliki fitur investasi reksa dana didalam halaman banking user-nya, hanya sekarang sepertinya commonwealth tidak banyak pembaruan.

Hal lain yang hendak di-highlight juga mengenai penempatan menu yang menurut saya agak membingungkan, contoh, untuk mengakses setting, kita harus klik di customer support dengan icon telepon, yang secara spontan sebelumnya saya pikir ini isinya FAQ atau bagaimana cara menghubungi customer service, dan didalam menu itu juga ada fitur untuk block/unblock kartu debit yang kita punya, mungkin ke depannya bisa dibuat lebih mudah untuk mencari fitur-fitur yang penting.

Dan juga entah saya kelewat atau gimana, tapi saya tidak bisa menemukan fitur untuk membuat deposito.

Sejauh ini saya suka dengan fitur yang ada, terlepas menu-menu, juga kartu debit cepat sampai, pada tanggal 15 juli buat akun, 16 juli 2020 kartu sudah sampai di alamat surat menyurat yang digunakan pada saat registrasi.


Tags: ngaturduit, personal finance, literasi finansial, investasi, keuangan, menabung, tabungan, nisp, bank, bank digital

Related Posts